151 Warga Jambi Mendadak Jadi Jutawan Hingga Miliader Karena Gusuran Proyek Tol Trans Sumatera

- 12 Juli 2023, 19:19 WIB
Pembangunan jalan tol
Pembangunan jalan tol /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Proyek jalan Tol Trans Sumatera telah membuat ratusan warga Jambi yang terdampak kaya mendadak. Seperti yang dirasakan warga di Desa Muaro Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi.

Total warga yang menerima ganti rugi dan untung itu sekitar 151 orang. Mereka mendadak jadi jutawan dan miliader setelah menerima uang ganti untung lahan untuk pembangunan jalan tol.

Kepala Desa Muaro Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Wahyu Aditya mengatakan, jika lahan yang terimbas proyek jalan tol Betung-Tempino itu dominannya merupakan lahan perkebunan, selain dari itu lahan bangunan rumah juga ikut terimbas.

"Namun dari total itu semuanya bukan asli warga saya di desa ini, karena ada juga warga luar yang punya lahan di desa ini," kata Wahyu, Rabu, (12/7).

Baca Juga: Cuaca Kering Jadi Momok Bagi Lahan Gambut di Tanjabtim Provinsi Jambi

Wahyu menyebut rerata warga yang menerima uang ganti untung-rugi itu tidak langsung lantaran prosesnya dilakukan bertahap. Tidak semua warganya yang menerima uang ganti untung dengan total miliaran. Ada pula warganya yang menerima puluhan hingga ratusan juta.

"Pembayaran ini secara bertahap. Uang yang diterima warga ini kan secara transfer ya, dan semua uangnya sudah diterima langsung oleh warga pada Desember lalu, tetapi tidak semuanya menerima karena sistemnya bertahap ya," lanjutnya.

Pemberian ganti lahan ini, kata Wahyu, ada di dua lokasi. Pertama lokasi Desa Sungai Landai, dan kemudian lokasi wilayahnya yakni Desa Muaro Sebapo. Warga di desa Wahyu itu yang paling banyak terima ganti untung pembangunan jalan tol hingga puluhan miliar sedangkan di desa lain tidak sampai segitunya.

"Yang menerima ini kan tidak semuanya miliaran ya, yang miliaran tersebut paling besar ya pak Sutaryo itu Rp19,5 miliar, lalu ada juga yang Rp9 miliar kemudian Rp 4 miliar dan juga ada yang terima Rp900 juta, Rp300 juta terus, puluhan juta juga ada dan terkecil pun ada Rp3 juta," jabarnya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x