Cuaca Kering Jadi Momok Bagi Lahan Gambut di Tanjabtim Provinsi Jambi

- 8 Juli 2023, 13:03 WIB
Lahan gambut
Lahan gambut /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan salah satu wilayah yang memiliki hamparan rawa gambut luas di Provinsi Jambi. Pemerintah, peneliti maupun lembaga swadaya masyarakat banyak bersepakat, salah satu penyebab kebakaran berulang karena gambut kering.

Selama lahan gambut tak basah, kebakaran akan terus berulang. Pelbagai upaya dilakukan mulai dari peningkatan kesadaran masyarakat melalui sosialisasi imbauan sampai penegakan hukum.

Selain hamparan rawa gambut terbuka, kebakaran lahan juga menjadi ancaman terbesar di kawasan Taman Nasional Berbak Sembilang (TNBS). Taman tersebut merupakan satu dari tiga Taman Nasional yang ada di Provinsi Jambi.

lahan gambut Tanjabtim
lahan gambut Tanjabtim

TNBS ini sendiri memiliki topologi gambut dan mangrove. Sehingga kendala terbesar yang mereka hadapi dalam pengelolaannya adalah ancaman kebakaran saat musim kemarau kering.

Baca Juga: Tidak Ingin Mediasi, SFA Minta Kasus Debi Ceper Lanjut ke Meja Hukum

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Helmi Agustinus saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler mengatakan, luas wilayah kawasan hutan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur mencapai 203.201 hektare. Dari data tersebut, TNBS memiliki wilayah yang paling luas yakni sekira 116.605 hektare atau 57,18 persen.

"Berdasarkan catatan, laju kebakaran di Tnbs cukup luas pada 2015 atau 2019. Melalui citra satelit landsat 2015, kebakaran hutan di TNBS mencapai 23.747 hektare. Pada 2019 seluas 17.470 hektare yang terbakar," ujar Helmi, Sabtu, (8/7).

Kala itu, kata Helmi, pemadaman kebakaran hutan dan lahan gambut di Taman Nasional yang berbatasan dengan wilayah Sumatera Selatan tersebut, sulit dilakukan karena lokasi kebakaran berada jauh di dalam hutan dan akses jalan sulit.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x