Belasan Rumah Rusak Akibat Gempa Magnitudo 6,4 Bantul, Yogyakarta

- 30 Juni 2023, 22:12 WIB
Gempa Bantul
Gempa Bantul /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 magnitudo mengguncang DIY dan sekitarnya, Jumat (30/6). Belasan rumah dilaporkan rusak akibat gempa tersebut.

Dari catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pukul 19.57 WIB dengan pusat gempa berada di 86 km barat daya Bantul, dalam kedalaman 25 km.

Gempa dirasakan hingga Kulonprogo, Nganjuk, Kebumen, Ponorogo, Kediri, hingga Mojokerto. “Tidak berpotensi tsunami,” dikutip dari Twitter @infoBMKG.

Plh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Danang Samsurizal menyampaikan berdasarkan hasil monitoring dari BMKG setelah gempa tersebut terjadi gempa susulan sebanyak 5 kali hingga pukul 20.40 WIB dengan kekuatan 4,5 magnitudo.

Baca Juga: Dua Hari Iduladha, 6.194 Hewan Ternak Disembelih di Kota Jogja, Ini Rinciannya

Menurut Danang kejadian tersebut menyebabkan kerusakan belasan rumah di Kabupaten Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo. “Data sementara total dampak adalah 17 titik. Dampaknya antara lain kerusakan 15 unit rumah rusak, 1 titik fasilitas pemerintah, 1 titik fasilitas kesehatan dan 2 titik fasilitas pendidikan,” katanya.

Atas kejadian tersebut, Danang mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ujarnya.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x