Langgar Ketentuan Izin, Event Trail Motor Rusak Lingkungan di Bumi Perkemahan Ranca Upas

- 8 Maret 2023, 22:24 WIB
Penanaman kembali bunga rawa dan edelweis oleh tim Perhutani
Penanaman kembali bunga rawa dan edelweis oleh tim Perhutani /

EDITORNEWS.ID – Video kerusakan lingkungan Bumi Perkemahan Ranca Upas, Bandung, Jawa Barat, akibat event trail motor viral di TikTok.

Video yang diunggah oleh akun @mang_uprit_mangprang79 menunjukan kondisi lingkungan alam Ranca Upas yang sebelumnya terawat menjadi hancur, rumput dan beberapa tanaman seperti edelweiss juga tampak rusak rata dengan tanah yang becek.

“Sumber kehidupanku musnah sudah blok ini, segala pemikiran, tenaga, dan modal untuk pengembang biakan hancur sudah. Korban event dengan kepanitiaan yang sangat bobrok,”tulis dalam unggahan video, dikutip Rabu (8/3).

Para nitizen lalu berasumsi bahwa panitia dan pengelola lokasi dinilai tak pecus dalam memberikan ketentuan izin lokasi untuk penyelenggaraan event.

Baca Juga: Polda Jateng Ungkap Pelaku Pembuat dan Penjual Kartu Perdana dengan NIK Curian

Menyikapi hal ini, Manager Site Kampoeng Cai, Ranca Upas ,Argo Wibowo, mengatakan bahwa penyelenggaraan event trail motor yang diselenggarkan pada Minggu 5 Maret 2023 telah memiliki izin. Namun saat kegiatan para panitia tidak berada di jalur, sehingga membuat para peserta banyak yang melintas tidak sesuai jalur.

"Kalau terkait izin itu sudah, kalau tempat untuk event supaya bersurat ke pimpinan dan dari GM itu silahkan menempuh perizinan-perizinan yang seharusnya, mulai dari keramaian, termasuk ke masyarakat," ujar Argo.

Secara administrasi, pihak penyelenggara telah memenuhi semua perizinan yang disyaratkan untuk 700 peserta. Namun ia mengaku kecolongan, lantaran fakta di lapangan jumlah peserta yang mengikuti event motor trail melebihi jumlah yang tertera dalam perizinan.

"Kalau awalnya panitia menyampaikan ke saya dengan bahasa estimasi waktu hari Jumat terakhir dengan saya itu sekitar 700 orang tapi ketika dicek ke lapangan sekitar 1.600 orang peserta, jadi over loud juga," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x