Papua Berduka, Gempa Mengguncang Jayapura

- 9 Februari 2023, 23:13 WIB
gempa berlokasi di darat pada kedalaman 10 km
gempa berlokasi di darat pada kedalaman 10 km /

EDITORNEWS.ID - Gempa kembali mengguncang wilayah di Indonesia. Setelah sebelumnya Banten dan Bali, kali ini Jayapura yang diguncang gempa berkekuatan 5,4 Magnitudo.

BMKG melaporkan gempa M 5,4 terjadi pada Kamis (9/2) sekitar pukul 15.27 WIT. Disebutkan bahwa episenter gempa berlokasi di darat pada kedalaman 10 km.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid mengatakan ada sejumlah bangunan di Kota Jayapura yang terdampak gempa tersebut. Salah satu bangunan tersebut adalah Mal Jayapura yang terlihat rusak di beberapa bagian, bahkan sempat mengeluarkan asap.

Selain itu, ada juga sebuah kafe yang rubuh dan hanyut ke laut akibat getaran gempa yang terjadi. Asep mengatakan pihaknya Eris mengumpulkan informasi terkait dampak gempa yang terjadi. Tim penyelamat juga sudah diterjunkan untuk memantau kondisi di lokasi kejadian, tambahnya.

Baca Juga: Kondisi RM BTS Saat Ditinggal Jin BTS Wamil, Percaya Dirinya Menurun?

Sementara itu, dalam jumpa pers Kepala BMKG menyebutkan bahwa dari hasil analisis, gempa yang terjadi di Jayapura disebabkan oleh adanya aktivitas sesar aktif yang mengalami pergerakan. Gempa ini sendiri tidak berpotensi tsunami.

Sampai saat ini dilaporkan ada 4 orang korban meninggal dunia dalam musibah gempa yang melanda Kota Jayapura. Sementara itu, kerugian materil ditaksir mencapai miliaran rupiah.***

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x