Kemenhub Luncurkan Program Mudik Gratis 2022 untuk 14 Kota di Pulau Jawa

- 9 April 2022, 09:08 WIB
Ilustrasi mudik lebaran.
Ilustrasi mudik lebaran. /Antara/Galih Pradipta/


EDITORNEWS.ID - Jelang perayaan lebaran idul fitri 1443 hijriah, pemerintah resmi memperboleh mudik dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster.

Sementara itu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar program mudik gratis 2022 pada hari ini, Sabtu 9 April 2022.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan aspek keselamatan dan mengurangi kendaraan pribadi oleh pemudik.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan pihaknya telah menyiapkan sebanyak 350 unit bus dalam program mudik gratis tahun ini.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Tegaskan Marshel Widianto Hanya Sebagai Sanksi Bukan Tersangka

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, apalagi dengan muatan yang sarat penumpang dan barang," ujarnya.

"Anggaran tahun ini tidak terlalu besar, dan kisaran masyarakat yang dapat ditampung hanya 10.500 penumpang dengan 350 unit bus," lanjut Dirjen Budi.

Sebanyak 350 unit bus dalam program itu terdiri dari 270 bus untuk mengangkut 8.100 penumpang dan untuk sisanya 80 bus untuk mengangkut 2.400 penumpang angkutan balik.

Selain menyediakan mobil bus Kemenhub juga menyediakan truk bagi sepeda motor sebanyak 34 unit guna mengangkut 1.020 motor.

Baca Juga: THR Akan Cair Paling Lambat 7 Hari Sebelum Lebaran Idul Fitri, Kemnaker: Tak Dapat Laporkan!

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x