Disperindag Kabupaten Garut, Erwin Rianto Prediksi Harga Cabai Turun Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri

- 25 Maret 2021, 11:24 WIB
Pedagang berjualan cabai merah di pasar tradisional Peunayung, Banda Aceh, Aceh, pada Rabu 4 November 2020.
Pedagang berjualan cabai merah di pasar tradisional Peunayung, Banda Aceh, Aceh, pada Rabu 4 November 2020. /ANTARA/Ampelsa

EDITORNEWS - Memasuki awal tahun 2021 harga sembako mengalami kenaikan dimulai dari harga lauk pauk seperti daging sapi hingga disusul dengan bumbu masakan seperti bawang dan cabai.

Laju kenaikan harga sembako tersebut hampir menyeluruh terjadi di beberapa wilayah Indonesia, sehingga pemerintah menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan lahan agar dijadikan penanaman kebutuhan pokok seperti cabai, sayuran dan lainnya.

Kini kejadian kenaikan harga sembako tersebut terjadi di Kabupaten Garut salah satunya harga Cabai dan sempat dikabarkan jika memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri nanti mengalami penurunan.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Dedie A Rachim: Setelah Divaksin Ekonomi Kota Bogor Mengalami Kenaikan

Baca Juga: Terkait Kasus PSK, Suami Asal Purwasari Tega Jual Istri ke Lelaki Hidung Belang

Kabar baik tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Garut, Erwin Rianto Nugraha ada beberapa alasan kenapa pihaknya memprediksi salah satunya karena adanya panen raya.

"Saat ini harga cabai khususnya cabai rawit inul sangat tinggi karena ketersediaannya tak sesuai dengan tingkat permintaan. Namun persediaannya akan melimpah pada April nanti karena akan ada panen raya sehingga hargany pun akan turun," ujar Erwin.

Sementara itu dari pihak Dinas Pertanian juga mengatakan jika panen raya cabai akan terjadi pada bulan April di lahan seluas sekitar 229 hektare dan setelah itu, pada bulan selanjutnya panen raya kembali terjadi di lahan seluas 240 hektare.

Baca Juga: Kenaikan Harga Cabai Merah dan Rawit Berkaitan Signifikan Terhadap Bawang di Sumatera Barat

Baca Juga: Nasib Nahas Menimpa Salah Satu Pengemudi Sepeda Motor asal Jabar yang Tewas di Tempat Usai Menabrak Mobil Truk

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x