Kota Garut Digegerkan Munculnya Virus B117 yang Diduga Berasal dari WNI yang Berkerja di Luar Negeri

- 24 Maret 2021, 07:34 WIB
Ilustrasi virus corona.
Ilustrasi virus corona. /Pixabay.com/qimono

EDITORNEWS - Beberapa hari yang lalu Kementerian Kesehatan RI menerima informasi adanya dua kasus positif Covid-19 dengan mutasi virus corona dari Inggris atau B117.

Seorang juru bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid mengatakan bahwa virus ini dalah tipe virus RNA (ribonucleic acid) yang secara alami mudah mengalami mutasi untuk bertahan hidup.

Mutasi terjadi pada bagian tanduk atau spike dari virus yang menyebabkan virus lebih mudah masuk ke sel sasaran sehingga penularannya akan lebih cepat dibanding virus lama.

Baca Juga: Wamendes Budi Arie Setiadi Mengusulkan Jika Sudah Vaksin Warga Boleh Mudik

Baca Juga: Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dan Rombongan Kunjungi Digital Hub di kawasan BSD City

Belakangan ini berhembus kabar jika virus B117 telah masuk ke Indonesia setelah dibawakan oleh salah satu warga Indonesia.

Seorang warga tersebut diduga terpapar virus baru ini setelah dirinya pulang dari luar negeri, sehingga membuat warga Indonesia terutama daerah tersebut menjadi panik dan gelisah.

Lebih lanjutnya dari informasi yang diterima bahwa warga tersebut merupakan seorang WNI yang berkerja di negeri tetangga.

Menindaklanjuti laporan yang beredar, Pemkab Garut Helmi Budiman masih menunggu hasil pemeriksaan dari Jakarta.

"Ada warga yang baru pulang dari luar negeri dan dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya ia bekerja di salah satu negara yang terdapat Virus varian baru Corona B117 dan ia diduga terpapar virus tersebut," ujar Helmi Budiman.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x