Tol Baleno Ditargetkan Selesai Juni 2024, Bakal Percepat Waktu Tempuh Jambi-Palembang Menjadi 3,5 Jam

- 25 Februari 2024, 07:45 WIB
Ilustrasi jalan Tol Jambi - Info Tol Jambi - Palembang kapan dibangun dan sudah sampai mana serta update dan peta rute Tol Betung - Tempino.
Ilustrasi jalan Tol Jambi - Info Tol Jambi - Palembang kapan dibangun dan sudah sampai mana serta update dan peta rute Tol Betung - Tempino. /Instagram @pupr_bppjt/

EDITORNEWS.ID - Kementerian PUPR terus melanjutkan pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino (Baleno) di Jambi.

Pembangunan ruas tol ini merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi dengan total panjang 169,9 km dan menjadi jalan tol pertama di Provinsi Jambi progres konstruksi mencapai 54.98 persen per 19 Februari 2024.

Dapat memangkas waktu Jambi- Palembang yang sebelumnya 8 jam menjadi 3,5 jam sehingga dapat membantu sektor pariwisata dan mempermudah aliran barang dan jasa untuk mempercepat perputaran roda ekonomi daerah.

Tol Baleno dibangun secara bertahap dalam empat seksi, yaitu Seksi Betung-Tungkal Jaya, Tungkal Jaya-Bayung Lencir, Bayung Lencir-Tempino, dan Tempino-Sp. Ness. Seksi 3, yaitu Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino sepanjang 34 Km, saat ini menjadi fokus utama pembangunan dan diharapkan dapat selesai pada semester pertama tahun 2024.

Baca Juga: Curi Motor, Residivis Tak Berkutik Saat Disergap Tim Opsnal Satreskrim Polres Merangin

Pembangunan Jalan Tol ini dibiayai melalui dua skema, yaitu Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk 136,3 Km dan dukungan konstruksi Pemerintah untuk 34 Km. Meskipun pembangunan mengalami beberapa kendala, seperti cuaca ekstrem dan pembebasan lahan, optimisme tetap tinggi untuk penyelesaian tepat waktu.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jambi, Ibnu Kurniawan, menyatakan optimisme tersebut, “Kami masih optimis selesai di Juni ini, atau selesai tepat waktu,” terlepas dari kendala yang dihadapi di lapangan. Salah satu tantangan utama adalah pengalihan aliran sungai sepanjang 1,4 km dan lebar 2,5 meter, yang membutuhkan pekerjaan ekstra dan perhatian khusus.

Proyek ini juga telah mencatatkan kemajuan signifikan dengan pemasangan 4.000 dari 6.000 tiang pancang yang direncanakan, menurut Arif Budiarto, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Jalan Tol Baleno. Hal ini menandakan kemajuan yang berarti dalam pekerjaan konstruksi dan menegaskan komitmen terhadap target penyelesaian pembangunan.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x