5 Tips Mengatasi Kecanduan Handphone, Bersosialisasi dapat Membantu

- 1 November 2023, 12:34 WIB
Ilustrasi kecanduan hp.
Ilustrasi kecanduan hp. /pexels.com/DariaHetsova

 

EDITORNEWS.ID - Tidak dapat dipungkiri lagi, kemajuan teknologi sangat berdampak terhadap kehidupan sehari-hari. Dengan keefektifan yang diberikan, manusia cenderung merasa ketergantungan terhadap teknologi, contohnya handphone. Berikut ini cara mengatasi kecanduan ponsel genggam.

Berkumpul dan Bersosialisasi

Jangan memaksakan diri anda dengan mencoba mengatasi kecanduan sendiri. Datang ke perkumpulan dapat membantu anda untuk menghilangkan kecanduan ponsel, dengan bersosialisasi secara langsung anda dapat merasakan pengalaman baru.

Bermain dan bersosialisasi dapat dilakukan pada lingkungan keluarga, kerabat, teman, dan sebagainya. Dengan berkomunikasi di lingkungan yang sehat dan mendukung, anda dapat menekan waktu bermain gawai.

Jauhi Perilaku Kompulsif

Kecanduan ponsel tidak sama seperti  narkoba atau alkohol, yang dapat dihentikan dengan menghentikan aktivitas terhadap zat tersebut. Kecanduan ponsel dipicu oleh tindakan atau perilaku yang membangkitkan rasa keinginan seseorang untuk bermain ponsel.

Baca Juga: Teruji Keamanannya, ‘Air Taxi’ Pengangkut Penumpang Pertama yang Siap Mengudara

Menjauhi perilaku yang mendorong seseorang untuk bermain gawai dapat dilakukan dengan, kurangi bermain video game pada ponsel, batasi bermain media sosial, jauhi konten erotis yang dapat menimbulkan candu, dan jauhi segala kegiatan dengan ponsel jika itu tidak terlalu penting.

Kenali Pemicu Candu

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x