Apa Itu Phising, Bagaimana Cara Mengetahui dan Menghindarinya?

- 29 Oktober 2023, 11:58 WIB
Ilustrasi sang penipu membuat link phising penipuan berkedok blokir WhatsApp.
Ilustrasi sang penipu membuat link phising penipuan berkedok blokir WhatsApp. /Pexels//Sora Shimazaki

EDITORNEWS.ID - Salah satu penipuan cyber yang cukup tua dan klasik, dan paling umum. Pernahkah anda mendapat pesan dari layanan yang anda gunakan, mengatakan bahwa akun anda akan ditutup jika tidak mengambil tindakan?, tetapi malah dialihkan ke website yang bukan resmi, jika anda pernah mendaftarkan atau memasukan akun anda kepada situs misterius tersebut, maka anda akan berpotensi sebagai korban dari Phising.

Jenis penipuan cyber yang mencuri informasi anda dan menyelinap kedalam perangkat anda dalam bentuk spyware atau ransomware, yang menggunakan email sebagai Trojan horse atau kuda troya untuk melanggar keamanan daring anda.

Tujuan phising adalah untuk menipu, supaya si target berpikir bahwa email yang mereka terima berasal dari seseorang yang dikenal, seperti bank, akun layanan yang tertaut email, perusahaan, dan sebagainya. Dengan memikat target untuk mengklik lampiran atau link yang diberikan pelaku.

Meskipun metode ini terkenal cukup tua, tetapi dengan perkembangan zaman metode tua ini bisa menjadi semakin canggih.

Baca Juga: Internet Rumah Anda Lelet? Kenali 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa itu Phising ?

"Phishing adalah bentuk rekayasa sosial yang menggunakan email atau situs web berbahaya untuk meminta informasi pribadi atau menipu Anda agar mengunduh perangkat lunak berbahaya," kata Eric Goldstein, asisten direktur eksekutif untuk keamanan siber di Cybersecurity &; Infrastructure Security Agency.

Pengucapan kata ‘phising’ memiliki makna yang sama seperti ‘fishing’, yaitu sama-sama memiliki arti memancing. Dalam hal ini, email phising adalah umpannya, pelaku sebagai pemancing yang menunggu ikan menggigit, dan kita sebagai target adalah ikan yang diharapkan untuk menggigit umpan.

Praktek penipuan ini telah dimulai sejak America Online (AOL) tahun 1990-an, ketika penipu ingin mengelabui pengguna AOL dengan untuk mengetahui informasi log-in mereka. Awalnya phising digunakan untuk mendapatkan nomor kartu kredit, tetapi zaman sekarang phising dilakukan untuk berbagai macam hal, mulai dari kartu kredit hingga akun-akun berharga.

Ketika anda tidak sengaja mengklik email phising, komputer anda biasanya secara otomatis menginstal virus dan perangkat lunak yang berbahaya, yang dapat membahayakan perangkat anda, dan bahkan perangkat yang termasuk pada jaringan internet yang anda pakai juga terkena dampaknya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x