Internet Rumah Anda Lelet? Kenali 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya

- 28 Oktober 2023, 10:07 WIB
Era Internet of Things (IoT)
Era Internet of Things (IoT) /

EDITORNEWS.ID -  Di zaman yang serba digital ini, manusia sangat bergantung dengan internet. Kecepatan dan kestabilan internet sangat dibutuhkan untuk dapat terhubung dengan dunia maya, yang mana pada belakangan ini merupakan salah satu kebutuhan manusia.

Internet yang lelet dan lemot terkadang mengganggu waktu luang anda untuk ber-streaming, bermain game, atau sekedar mengecek media sosial, bahkan beberapa pekerjaan sangat bergantung kepada internet sehingga mengurangi produktivitasnya.

Berikut telah kami rangkum 10 penyebab internet anda terasa lelet.

Perangkat Lain Mengganggu Koneksi Router

Salah satu faktor umum yang menyebabkan internet anda terasa lelet, adanya perangkat lain atau router lain yang berebut dan bersaing koneksi yang sama. Banyaknya perangkat-perangkat seperti TV, radio, atau perangkat lain yang membutuhkan sinyal, membuat saluran internet menjadi penuh dan sesak. Kasus ini sering terjadi dengan wilayah yang padat seperti, komplek apartemen, gedung dan bangunan-bangunan dengan tingkat kepadatan tinggi.

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mencoba untuk pindah ke saluran lain yang lebih lenggang di router anda. Cari pengaturan saluran pada perangkat anda, cara mengatur perangkat ini berbeda-beda tergantung jenis dan merk perangkat yang digunakan. Anda bisa memilih saluran yang lenggang seperti saluran 1,6, dan 11, yang tidak tumpang tindih dengan saluran lain. Anda juga bisa merubah koneksi nirkabel anda dari 2,4 GHz ke 5 GHz, karena lebih sepi dan jarang digunakan.

Baca Juga: Perbarui atau Tidak? Memahami Kelebihan dan Kekurangan Windows Update

Router Terinfeksi Virus

Jika anda melihat tanda-tanda virus pada komputer anda, berhati-hatilah karena router dan modem anda bisa terinfeksi juga. Roger Grimes, seorang pakar pertahanan berbasis data di KnowBe4 menjelaskan bahwa, banyak orang diluaran sana tidak sadar bahwa router mereka terinfeksi dengan virus dan bot malware. Bot ini bekerja diam-diam di latar belakang saat anda sedang berseluncur di internet, memata-matai aktivitas anda dan bahkan menggunakan perangkat anda untuk tindak kriminal. Aktivitas dari bot inilah yang dapat memonopoli bandwidth anda sehingga internet menjadi lemot.

Untuk menghindari ini, pastikan perangkat lunak yang terpasang adalah yang terbaru. Hindari menginstal aplikasi atau game dari sumber yang tidak terpercaya, yang nantinya dapat menginstal malware saat anda mengunduhnya. Pastikan juga untuk melakukan pengecekan rutin kepada setiap perangkat menggunakan antivirus.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x