Solusi Masalah Umum di Windows 11 dan Cara Mengatasinya

- 29 Oktober 2023, 20:11 WIB
Ilustrasi. Masalah umum di Windows 11. /Pixabay/Andrea Piacquadio
Ilustrasi. Masalah umum di Windows 11. /Pixabay/Andrea Piacquadio /

 

EDITORNEWS.ID - Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang menawarkan berbagai fitur canggih. Namun, seperti semua sistem operasi, Windows 11 juga bisa menghadapi masalah.  Tidak perlu panik, karena dalam artikel ini, kami akan memberikan solusi untuk beberapa masalah umum di Windows 11 beserta cara mengatasinya.

  1. Masalah Kinerja yang Lambat

Solusi: Jika mengalami kinerja yang lambat, periksa pembaruan perangkat keras dan pastikan perangkat Anda memenuhi persyaratan minimum Windows 11. Hapus aplikasi yang tidak perlu dan jalankan pemindaian antivirus untuk menghapus malware yang mungkin mengganggu kinerja.

  1. Aplikasi Tidak Berfungsi atau Crash

Solusi: Jika aplikasi sering tidak berfungsi atau crash, perbarui aplikasi tersebut ke versi terbaru. Anda juga dapat mencoba menjalankannya sebagai administrator atau menginstal ulang aplikasi tersebut.

  1. Tidak Dapat Mengakses Internet

Solusi: Jika mengalami masalah koneksi internet, periksa koneksi fisik dan pastikan perangkat jaringan Anda berfungsi dengan baik. Juga, restart router atau modem. Jika masih ada masalah, coba periksa pengaturan jaringan Windows.

Baca Juga: Apa Itu Phising, Bagaimana Cara Mengetahui dan Menghindarinya?

  1. Pembaruan Gagal

Solusi: Jika pembaruan sistem gagal, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Coba jalankan Pemecah Masalah Windows Update dan perbarui driver perangkat keras. Jika itu masih tidak berhasil, unduh pembaruan secara manual dari situs web resmi Microsoft.

  1. Layar Biru (Blue Screen of Death - BSOD)

Solusi: Jika menghadapi BSOD, catat pesan kesalahan yang muncul. Biasanya, ini adalah tanda ada masalah dengan driver perangkat keras. Perbarui atau gulir kembali driver tersebut. Anda juga dapat menjalankan alat Pemecah Masalah Kesalahan Biru Windows.

  1. Suara Tidak Berfungsi

Solusi: Jika mengalami masalah suara, pastikan driver suara Anda telah diinstal dengan benar. Periksa pengaturan suara dan pastikan perangkat audio yang benar telah dipilih sebagai perangkat keluaran. Cobalah untuk memperbarui driver suara atau menginstal ulangnya.

  1. Aplikasi Android Tidak Berjalan dengan Baik

Solusi: Jika aplikasi Android tidak berjalan dengan baik, pastikan telah menginstal aplikasi Android melalui Microsoft Store. Anda juga dapat mencoba menjalankannya sebagai administrator dan memeriksa pembaruan aplikasi tersebut.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x