AI Prediksi Kanker Payudara, Sesuai Diagnosis Para Ahli?

- 27 Oktober 2023, 18:13 WIB
Teknologi Kecerdasan Buatan (AI)
Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) /

EDITORNEWS.ID - Kemajuan teknologi belakangan ini sangat membantu sektor kesehatan, dengan memanfaatkan artificial intelligent (AI) para ahli dapat memprediksi seseorang akan terkena kanker sebelum diagnosis dokter.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal radiologi pekan lalu menjelaskan bahwa, AI dapat memprediksi kanker payudara 2 tahun sebelum diagnosis. 

Penelitian ini mensurvei data dan informasi skrining pada ujian BreastScreen Norway yang dilakukan dari Januari 2004 hingga Desember 2019.

Para wanita yang kemudian didiagnosis menderita kanker payudara diberikan skor resiko oleh AI, skor tersebut berada pada skala 1-7 untuk keganasan beresiko rendah, 8-9 untuk tingkat menengah, dan 10 untuk keganasan tingkat tinggi.

Baca Juga: Canggih! AI Deteksi Diabetes, Hanya dengan Berbincang 10 Detik

Skala Ai dan fitur mammografi, seperti kalsifikasi dan kepadatan payudara diuji dan dinilai dengan total 2.787 ujian skrining dari 1.602 wanita yang rata-rata berusia 59 tahun.

Hasilnya mengungkapkan bahwa lebih dari 38% kanker terdeteksi pada skrining dan mencetak skala 10 pada resiko AI sebelum diagnosis kanker payudara.

Dalam kasus kanker yang terdeteksi pada skrining oleh AI yang tersedia 4 tahun sebelum diagnosis, 23% diantaranya memiliki skala 10.

Solveig Hofvind, kepala program skrining kanker payudara Norwegia dan profesor radiografi di Oslo dan Akershus University College of Applied Sciences di Norwegia, berbagi pemikiran tentang hasilnya.

Baca Juga: Microsoft Edge vs Google Chrome: 5 Keunggulan yang Membuat Edge Lebih Menarik

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x