Aplikasi Instan Berbasis Internet WhatsApp, Facebook dan Instagram Hampir 6 Jam Mengalami Pemadaman

- 5 Oktober 2021, 09:30 WIB
Ilustrasi aplikasi internet
Ilustrasi aplikasi internet /pixabay/

EDITORNEWS - Tiga Aplikasi instan berbasis internet Facebook, Instagram dan Aplikasi pengiriman pesan WhatsApp, mengalami pemadaman (internet shutdown).

Hampir seluruh wilayah di Indonesia mengalami pemadaman secara parsial pada media sosial.

Hal ini terjadi pada hari Senin, 4 Oktober 2021 pada pukul 22.23 WIB dan ketersambungan (konektivitas) jaringan bisa digunakan pada pagi Selasa, 5 Oktober 2021 pukul 05.30 WIB.

Pemadaman ketiga platform media sosial, aplikasi instan berbasis internet itu pada umumnya tidak bisa diakses sama sekali.

Baca Juga: Rizal Ramli Sindir Pemindahan Ibu Kota DKI Jakarta ke Kalimantan Timur, Pakar Ekonomi: Tempat Pejabat Ngabisin

Bahkan jaringan aplikasi pengiriman pesan WhatsApp seperti diperlambat yang disebut dengan istilah pencekikan (throtting).

Pemadamam ini diduga terjadi secara Global dan baru bisa diakses pagi setelah hampir 6 jam, dan pagi ini konektivitas jaringan bisa tersambung.

Dikutip dari Reuter, pengguna aplikasi ini mencapai 3,5 miliar yang mengakses media sosial dan layanan perpesanannya, Facebook meminta maaf tetapi tidak segera menjelaskan apa yang menyebabkan kegagalan tersebut .

Bahkan pernah dilacak oleh group pemantau Web Downdetector mengatakan pemadaman tersebut merupakan pukulan kedua bagi perusahaan raksasa media sosial dalam beberapa hari setelah seorang pelapor pada  hari Minggu menuduh perusahaan tersebut berulang kali memprioritaskan keuntungan dari pada menekan ujaran kebencian dan informasi yang salah.

Baca Juga: Rizal Ramli Sindir Pemindahan Ibu Kota DKI Jakarta ke Kalimantan Timur, Pakar Ekonomi: Tempat Pejabat Ngabisin

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x