Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Tahun Ini Resmi Dibuka dengan Kuota 985.577 Mahasiswa

- 16 Februari 2024, 08:19 WIB
Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024 Telah Dibuka, Cek di Sini Syaratnya
Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024 Telah Dibuka, Cek di Sini Syaratnya /Canva/Boim

EDITORNEWS.ID - Pemerintah telah membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) Merdeka bagi mahasiswa yang kurang mampu  untuk meningkatkan prestasi dan keberlangsungan studi. 

Untuk pendaftaran sudah dibuka sejak 12 Februari 2024 sampai 31 Oktober 2024 dengan kuota mencapai 985.577 mahasiswa yang 200.000 diantaranya merupakan penerima baru.

Kepala Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbudristek Rahmawati menyatakan peningkatan akses pendidikan tinggi adalah tujuan utama dari Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

“Bagi adik-adik yang memiliki tekad untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tetaplah semangat dan berupaya,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Baca Juga: Stop Ghibah! Begini Balasan untuk yang Suka Membuka Aib Orang, Simak Penjelasan Buya Yahya Ini

Pemerintah akan memprioritaskan calon penerima yang berasal dari keluarga tidak mampu, yaitu keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan mahasiswa dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Dengan memenuhi beberapa syarat ekonomi seperti pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah atau dari keluarga kelompok masyarakat miskin/rentan miskin.

Para calon penerima harus memasukkan data yang valid di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Disamping itu, calon penerima KIP Kuliah Merdeka wajib memiliki akun pendaftaran KIP Kuliah Merdeka yang dapat dilakukan secara daring melalui laman KIP Kuliah Merdeka yaitu https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.***




Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x