Bagaimana Cara Minta Maaf Kepada Orang yang Tidak Dikenal, Simak Nasehat Buya Yahya Kali Ini

- 8 Februari 2024, 07:55 WIB
Buya Yahya
Buya Yahya / YouTube Al-Bahjah TV

EDITORNEWS.ID – Sebagai manusia mungkin kita pernah berbuat salah terhadap sesama manusia, tetapi bagaimana jika kita ingin meminta maaf sedangkan kita tidak mengenal orang tersebut dan tidak mengetahui keberadannya.

Dilansir dari postingan video kanal YouTube @Buya Yahya yang diunggah pada 2 Oktober 2020, Buya Yahya memberikan jawabannya.

Buya Yahya mengatakan bahwa kita sebagai manusia hendaknya mudah merasa bersalah agar mendapatkan dua faedah, yaitu mudah meminta maaf dan berwaspada agar tidak melakukan kesalahan.

 

Buya Yahya menjelaskan bahwa jika kesalahan yang kita lakukan terkait masalah harta atau uang terhadap orang yang kita tidak tahu keberadannya, maka kita harus mengeluarkannya.

“Mengambil barangnya orang dan Anda tidak ketemu lagi orangnya, Anda keluarkan senilai apa yang Anda ambil, berikan ke tempat yang baik dan niatkan ini sedekah untuk orang tersebut,” ujar Buya Yahya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melawan Rasa Was-Was Tingkat Tinggi? Simak Penjelasan Buya Yahya Berikut Ini

Tetapi jika Anda suatu saat bertemu kembali dengan orang yang pernah diambil haknya, maka Anda harus menggantinya, sedangkan jika sudah tidak bertemu lagi, maka Buya Yahya mengatakan orang tersebut sudah tidak berdosa.

Lalu bagaimana jika permasalahan terkait kita pernah menyakiti seseorang, contohnya menyenggol orang di jalan atau  yang lainnya dan setelah itu kita merasa bersalah dan ingin meminta maaf, sedangkan kita tidak tahu siapa orang tersebut.

Buya Yahya mengatakan agar kita beristighfar untuk diri sendiri dan orang yang sudah kita sakiti tersebut.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: YouTube @Buya Yahya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x