Peradaban Yunani Kuno: Sejarah, Pengaruh, dan Peninggalan

- 15 Desember 2023, 22:58 WIB
Ilustrasi Kuil Parthenon di kota Athena. /pexels.com/Spencer Davis
Ilustrasi Kuil Parthenon di kota Athena. /pexels.com/Spencer Davis /

EDITORNEWS.ID - Peradaban Yunani Kuno adalah salah satu peradaban terbesar dan paling berpengaruh dalam sejarah dunia. Peradaban ini berkembang di wilayah Yunani, yang terletak di Semenanjung Balkan, Eropa. Peradaban Yunani Kuno dimulai pada sekitar tahun 3000 SM dan berakhir pada sekitar tahun 146 SM, ketika bangsa Romawi menaklukkan Yunani.

Sejarah Peradaban Yunani Kuno

Peradaban Yunani Kuno berkembang dalam beberapa periode, yaitu:

  1. Zaman Perunggu Minoa (3000-1450 SM)

Zaman Perunggu Minoa adalah periode awal peradaban Yunani Kuno. Peradaban ini berkembang di Pulau Kreta, yang terletak di sebelah selatan Yunani.

Masyarakat Minoa dikenal sebagai pelaut dan pedagang yang ulung. Mereka juga memiliki kebudayaan yang maju, ditandai dengan adanya seni, arsitektur, dan tulisan yang unik.

  1. Zaman Perunggu Mycenae (1600-1100 SM)

Zaman Perunggu Mycenae adalah periode lanjutan dari Zaman Perunggu Minoa. Peradaban ini berkembang di daratan Yunani, yang kemudian dikenal dengan nama Yunani Helenik.

Baca Juga: Waktu Makan Berat yang Dianjurkan, Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar Ini

Masyarakat Mycenae dikenal sebagai bangsa yang kuat dan agresif. Mereka memiliki militer yang kuat dan sering melakukan ekspansi ke wilayah lain.

  1. Zaman Kegelapan Yunani (1100-750 SM)

Zaman Kegelapan Yunani adalah periode kemunduran peradaban Yunani. Pada periode ini, terjadi berbagai bencana alam, seperti gempa bumi dan banjir, yang menyebabkan kerusakan infrastruktur dan kemunduran ekonomi.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x