6 Penyebab Rambut Anda Memutih, Merokok Salah Satu Penyebabnya

- 20 November 2023, 18:03 WIB
Rambut memutih
Rambut memutih /tangkap layar oko.dokter

 

EDITORNEWS.ID - Uban yang terdapat pada rambut seringkali menjadi masalah bagi sebagian orang, fenomena rambut memutih ini merupakan salah satu tanda penuaan. Namun, pernahkah anda bertanya-tanya tentang apa yang terjadi pada rambut anda sebenarnya?. 

Perubahan warna pada rambut disebabkan oleh penurunan bertahap pada sel-sel pigmen dalam folikel rambut. Sel-sel ini bertugas untuk menanamkan melamin ke dalam rambut, yang menentukan rona alami, apakah pirang, coklat, maupun hitam.

Dengan bertambahnya usia, melanosit mengurangi produksi melanin yang menyebabkan penurunan pada pigmen rambut secara bertahap. Seiring berjalannya waktu, folikel rambut akan menghentikan produksi melanin sepenuhnya, hingga menyebabkan rambut menjadi berwarna putih atau abu-abu.

Berikut 6 faktor yang dapat mempengaruhi perubahan pada rambut 

Genetika

Susunan genetik yang terdapat pada setiap tubuh manusia dapat mempengaruhi perubahan pada rambut secara signifikan, waktu dan proses pemutihan ini tergantung pada genetika yang dimiliki. Jika keluarga anda mengalami masalah uban pada usia yang masih terbilang muda, maka anda memiliki kemungkinan tinggi untuk beruban pada usia yang muda pula. 

Baca Juga: Hati-Hati Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Krim Wajah Etiket Biru dan Kosmetik Menurut BPOM

Stres

Stres tidak secara langsung mengubah rambut menjadi putih, namun terdapat hubungan yang cukup erat pada stres kronis dan rambut yang beruban.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x