5 Penyebab Mata Gatal dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

- 8 November 2023, 21:54 WIB
Ilustrasi seseorang mengalami Mata Gatal
Ilustrasi seseorang mengalami Mata Gatal / nastya_gepp/Pixabay

EDITORNEWS.ID - Mata yang terasa gatal dapat menandakan alergi atau bahkan kondisi yang lebih berbahaya. Mata gatal, panas, dan merah dapat disebabkan oleh alergi, iritasi, atau infeksi yang perlu diberi penanganan khusus.

"Tanpa perawatan yang tepat, kerusakan mata dapat menyebabkan hilangnya sebagian penglihatan atau bahkan kebutaan permanen," kata William T. Reynolds, seorang dokter optometri, presiden American Optometric Association, presiden dan CEO Eye Care Center Optometrists di Richmond, Kentucky.

Berikut penyebab mata gatal dan cara mengatasinya: 

Alergi

Reaksi yang ditimbulkan badan manusia terhadap zat asing sebagai sistem kekebalan tubuh. Kebanyakan orang yang mengidap alergi sering merasakan mata gatal dan merah ketika alergi itu menyerang.

Untuk menghindari masalah ini, menemukan alergen adalah langkah yang penting dan merupakan kunci untuk hasil yang optimal. Alergen dapat berupa debu, serangga, makanan, jamur, hewan, dan bahkan obat-obatan. Jika telah terlanjur terpapar dengan alergen atau zat penyebab alergi, anda dapat mengonsumsi obat-obatan yang dapat menghentikan alergi. 

Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Produksi Hormon Endorfin sebagai Pereda Rasa Sakit Alami

Infeksi

Tak dapat dipungkiri bahwa banyak virus dan bakteri yang berada disekitar kita, dan tak jarang bahwa mereka dapat masuk ke dalam mata dan menyebabkan infeksi.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x