8 Jenis Kecerdasan serta Pekerjaan yang Cocok Dengannya

- 24 Oktober 2023, 19:23 WIB
Ada 8 jenis kecerdasan berbeda yang dapat anda tingkatkan selama hidup anda./Freepik /storyset
Ada 8 jenis kecerdasan berbeda yang dapat anda tingkatkan selama hidup anda./Freepik /storyset /

 

EDITORNEWS.ID - Anda pasti sudah tak asing dengan yang namanya IQ, sebuah angka yang menunjukan seberapa pintar anda. Namun bagaimana jika ada cara lain untuk melihat kecerdasan seseorang. Ada 8 jenis kecerdasan berbeda yang dapat anda tingkatkan selama hidup anda.

Teori kecerdasan majemuk memandang kecerdasan manusia dengan kategori yang berbeda. Dalam teori ini, “kecerdasan seseorang yang berbeda dipandang relatif otonom, yang berarti masing-masing dari kita dapat memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda di antara kecerdasan yang berbeda,” kata Robert Yielding, seorang psikolog klinis di California

Menilai kecerdasan dengan cara ini dapat membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan seseorang. Jika anda lemah pada kecerdasan tertentu dan ingin mendorongnya, anda dapat mengembangkan jenis kecerdasan yang tidak anda miliki secara alaminya. Misalnya jika anda ingin mengembangkan kecerdasan linguistik anda, perbanyak kosakata dan pelajari cara membaca cepat.

Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik berarti anda pandai dalam kata-kata, bisa terdapat saat menulis, membaca pidato, dan membaca. Kecerdasan linguistik umumnya diukur juga saat tes IQ. Anda dapat menganalisis informasi dan membuat produk datang kepada anda menggunakan bahasa. Kekuatan-kekuatan yang dimiliki kecerdasan ini antara lain, membaca dan menganalisis informasi tertulis, berkomunikasi melalui ucapan atau tulisan, melakukan tugas yang melibatkan bahasa tertulis atau terucap.

Baca Juga: Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar Terkait Apakah Berpuasa Baik untuk Kesehatan Janin? Begini Jawabannya

Pilihan pekerjaan yang cocok untuk anda yang memiliki kekuatan pada kecerdasan ini.

  • Novelis
  • Pembicara publik
  • Jurnalis
  • Editor

Kecerdasan Logis Matematis

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x