Ngeri! Begini Bahayanya Dosa Riba yang Dijelaskan Ustadz Khalid Basalamah

- 28 November 2023, 10:20 WIB
Ustadz Khalid Basalamah, terangkan ibadah puasa dzulhijah
Ustadz Khalid Basalamah, terangkan ibadah puasa dzulhijah /Tangkapan layar YouTube Khalid Basalamah Official//

EDITORNEWS.ID – Kali ini akan dibahas terkait bagaimana bahayanya dosa riba yang dijelaskan oleh Ustadz Khalid Basalamah.

Banyak masyarakat yang terjebak dalam dosa riba di kehidupan sehari-hari, padahal riba sudah jelas-jelas diharamkan dalam islam.

Ustadz Khalid Basalamah melalui video di kanal YouTubenya @Khalid Basalamah Official yang diunggah pada 28 April 2021 menjelaskan bahwa salah satu sumber yang haram dan sudah merata di masyarakat yaitu salah satunya adalah riba dan hal tersebut sudah mirip dengan hadist nabi berikut ini:

Akan tiba suatu zaman nanti dimana tidak ada satupun umatku yang bisa luput dari riba,” (H.R Ibnu Majah No. 2278; Abu Daud, No. 3331).

Baca Juga: Ini Tarif Parkir Reguler dan Parkir Inap di Bandara Internasional Kertajati

Ustadz Khalid menjelaskan bahwa riba bukan hanya sekedar seperti dosa zina yang juga dosa besar, tetapi dilejaskan dalam salah satu hadist yang shahih riwayat Iman Ahmad yaitu;

Satu dirham riba lebih berat daripada 36 kali berzina,” (HR. Ahmad dan Al-Baihaqi).

Tentu hal tersebut sangat mengerikan, karena satu kali saja berzina sudah sangat berat hukumannya, yaitu diberikan penyakit kelamin, usaha mengalami kebangkrutan, ribut suami istri, atau anak mengalami sakit serta cobaan-cobaan lainnya, apalagi jika berzina sebanyak 36 kali, sebagaimana dijelaskan Ustadz Khalid.

“Padahal satu dirham, seribu rupiah riba, ‘Nol persen kok Ustadz’, baik nol persen, kalau seandainya Anda terlambat satu hari saja, bukankah kena bunga 50 ribu rupiah? ’50 ribu bisa saya jangkau, gaji saya 3 juta’, benar, tapi 50 ribu rupiah kalau kita hubungkan dengan hadits tadi, lebih berat dari 36 kali berzina, untuk apa?,” tutur Ustadz Khalid.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: YouTube Khalid Basalamah Official


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x