Menonton Video Alam dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda, Simak Penjelasannya

- 5 November 2023, 11:07 WIB
Liburan akhir tahun di Bandung kunjungi 3 objek wisata alam dan ditutup dengan belanja di Cihampelas Walk.
Liburan akhir tahun di Bandung kunjungi 3 objek wisata alam dan ditutup dengan belanja di Cihampelas Walk. /

EDITORNEWS.ID - Terkadang manusia membutuhkan waktu untuk menyegarkan kembali pikiran dan mentalnya, hal ini dapat dilakukan dengan berekreasi, menonton, tidur, berolahraga, dan kegiatan lain yang membahagiakan. Dewasa ini, kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk pergi keluar atau liburan karena padatnya kegiatan yang dilakukan.

Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk liburan dan jalan-jalan, cobalah menonton video alam sebagai gantinya.

Sebuah studi baru menemukan bahwa menonton video dari adegan alam secara signifikan meningkatkan kesehatan mental pemirsa, dibandingkan dengan efek menonton adegan lingkungan perkotaan.

Para peneliti berfokus pada masa remaja akhir, masa kehidupan yang dalam beberapa tahun terakhir telah dikaitkan dengan kesulitan kesehatan mental yang cukup besar termasuk depresi dan keinginan mengakhiri hidup yang diperburuk oleh pandemi COVID-19.

Baca Juga: Kurang Tidur dapat Mengganggu Kesehatan Mental Orang Dewasa, Berikut Penjelasan Para Ahli

Masa remaja adalah masa kerentanan untuk masalah kesehatan mental,  "Ada banyak hambatan untuk pengobatan kondisi kesehatan mental ... Salah satu pendekatannya adalah dengan menggunakan intervensi berbasis alam untuk meningkatkan kesejahteraan mental” tulis para peneliti.

Penelitian yang dipublikasikan di Nature: Scientific Reports, mencatat bahwa masalah kesehatan mental 50 persennya dimulai pada masa remaja.

Para peneliti mengumpulkan 76 orang di masa remaja akhir menuju dewasa dengan usia 18 hingga 25 tahun, dan membaginya secara acak menjadi dua kelompok, satu kelompok diberikan video tentang berjalan-jalan melalui alam, sedangkan yang lainnya menonton adegan lingkungan kereta api perkotaan.

Kedua video sama-sama berdurasi 6 menit, dengan diiringi audio yang sesuai dengan adegan, seperti cuitan burung,air terjun, kereta api perkotaan, dan sebagainya.

Baca Juga: Perasaan Marah Mendorong Anda untuk Berusaha, Berikut Penjelasan Para Ahli

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x