7 Manfaat Papeda, Makanan Khas Indonesia Timur

- 20 Oktober 2023, 19:26 WIB
Manfaat mengonsumsi papeda bagi kesehatan tubuh
Manfaat mengonsumsi papeda bagi kesehatan tubuh /student-activity.binus.ac.id

EDITORNEWS.ID - Makanan yang memiliki tekstur lengket seperti lem ini merupakan salah satu makanan khas Papua, tekstur unik didapatkan dari penggunaan sagu sebagai bahan utama dalam pembuatan Papeda. Makanan ini dapat disantap dengan berbagai macam hidangan, tetapi biasanya orang Indonesia Timur menikmati Papeda bersamaan dengan ikan kuah kuning.

Makanan pengganti nasi ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat, berikut 7 manfaat mengkonsumsi Papeda

Dewasa ini, banyak sekali penyakit-penyakit yang bertebaran, mulai dari Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang disebabkan oleh kualitas udara yang memburuk, hingga penyakit yang disebabkan oleh musim pancaroba. Oleh karena itu, kita membutuhkan makanan yang mengandung antioksidan, untuk menghilangkan penumpukan zat-zat radikal bebas. 

Papeda terbukti sebagai makanan yang mengandung antioksidan, hal ini dibuktikan dengan isi jurnal sago palm tahun 2018 yang diteliti di Malaysia. Dituliskan bahwa sagu yang merupakan bahan baku pembuatan makanan ini kaya akan flavonoid.

Baca Juga: Apa itu Silent Treatment, Dapat Merenggangkan Hubungan?

3.Menekan resiko diabetes

Menurut studi hewan di Jepang tahun 2000, konsumsi sagu dapat menekan trigliserida dan kolesterol. Zat-zat ini menjadi penyebab utama penyakit jantung. Kandungan amilosa yang terdapat pada sagu membuat pelepasan gula menjadi lebih teratur sehingga dapat menekan zat penyebab utama sakit jantung.

6.Menekan resiko darah tinggi

Kandungan kalium per 100 gram porsi makanan ini cukup tinggi, yaitu sekira 20 mg. Menurut keterangan dari American Heart Association, kalium dapat mengimbangi natrium yang merupakan salah satu penyebab hipertensi.

7.Kinerja tubuh meningkat

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x