Songsong Indonesia Emas 2045 dan Bebas Karbon 2060, Ridwan Kamil Ajak Anak Muda Peduli Sejak Dini

- 6 Juli 2023, 21:16 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan pesan kepada anak muda Indonesia untuk mulai peduli dengan isu lingkungan dan energi sejak saat ini. Meski bagaimanapun apapun perilaku kepedulian tersebut, jika dikalikan banyak tetap akan memberikan dampak baik dalam menyongsong Indonesia emas 2045.

“Hal simple yang saat ini menjadi nyata salah satunya adalah kemasan daging kurban yang sebelumnya menggunakan plastik kini banyak yang telah menggunakan besek anyaman bambu. Ini hanya ada 3 tahun terakhir, di era kalian-kalian ini,” ujar Ridwan Kamil saat menjadi pembicara dalam acara Talkshow Masa Depan Energi Terbarukan Indonesia pada Rabu 5 Juli 2023 di Smart Green Learning Center UGM.

Kang Emil panggilan akrab Ridwan Kamil melanjutkan, di masa depan, Indonesia bakal menjadi negara primadona penghasil energi baru dan terbarukan (EBT). Indonesia memiliki potensi besar dalam energi baru dan terbarukan. 

“Karena setelah dihitung potensi energi terbarukan yang ada di Indonesia mulai dari panas bumi, panas matahari, air mengalir dan angin, bisa mencapai 400 gigawatt. Pemanfaatan sumber tersebut di Era Energi Bersih masyarakat Indonesia hanya akan mengonsumsi setengahnya,” kata dia.

Baca Juga: Sempat Jadi Buron Karena Kasus Penipuan, Si Kembar Rihana Rihani Akhirnya Tertangkap

“Maka sisanya akan membuat Indonesia menjadi negara primadona energi terbarukan,” kata Ridwan.

“Kalau hari ini kan rezim migas atau minyak bumi kan primadonanya Arab Saudi, nanti rezim energi terbarukan Indonesia jadi primadona negara penghasil energi,” imbuh Ridwan Kamil.

Untuk mewujudkan target Indonesia sebagai primadona energi baru dan terbarukan itu, Emil yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan sedang membahasnya di Rakernas yang berlangsung selama 3 hari di Jogja. 

“Dalam forum tersebut kami mengajak daerah anggota asosiasi berkomitmen memberikan dorongan, agar 2060 Indonesia bersih karbon dapat terwujud,” tutupnya.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x