Jokowi Usung di KTT ASEAN Secara Khusus Menekankan Pemberantasan Perdagangan Manusia

- 8 Mei 2023, 22:05 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo /YouTube: Sekretariat Presiden Laily Rachev/

 

EDITORNEWS.ID - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN akan berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur,(NTT) pada 9 hingga 11 Mei 2023. 

Pemerintah RI mengusung pembahasan pemberantasan perdagangan manusia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN.

Sikap ini disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara khusus menekankan pemberantasan perdagangan manusia yang berkenaan dengan penipuan daring atau online scams di Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo, Senin. 

"Ini penting dan sengaja saya usulkan karena korbannya adalah rakyat ASEAN dan sebagian besar adalah WNI (warga negara Indonesia) kita," ujar Jokowi.

Baca Juga: Teknologi AI Mulai Diterapkan di Imigrasi Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta

Presiden menuturkan bahwa baru-baru ini Pemerintah Indonesia telah sukses melakukan penyelamatan 20 WNI yang menjadi korban perdagangan manusia dari Myanmar.

Ditambahkan, "Ini betul-betul sesuatu yang tidak mudah karena lokasinya berada di wilayah konflik," katanya Presiden.

Bahkan Presiden mengungkapkan yang baru terjadi di Filipina bahwa di antara 1.048 orang korban perdagangan manusia yang berhasil diselamatkan oleh otoritas Filipina terdapat 143 WNI.

Presiden akan mendorong dalam pertemuan  KTT ke-42 ASEAN, menegaskan kejahatan perdagangan manusia harus diberantas secara tuntas dari hulu hingga ke hilir.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x