Indonesia Adalah Salah Satu Raksasa Ekonomi Digital Terbesar di Dunia

- 30 Maret 2023, 08:30 WIB
Sekarang disebut sebagai "efek jaringan"
Sekarang disebut sebagai "efek jaringan" /

EDITORNEWS.ID - Berakar pada 1980-an, Hukum Metcalfe berteori bahwa nilai jaringan didasarkan pada berapa banyak orang atau benda yang terhubung dengannya.

Sekarang disebut sebagai "efek jaringan" setelah beberapa dekade modifikasi, ini adalah konsep yang dapat diterapkan pada teknologi, keuangan, jejaring sosial, perangkat lunak, layanan cloud, layanan Web3, dan banyak lagi.

Intinya, agar layanan ini berkembang dan berkembang, tingkat adopsi yang membuatnya lebih bermanfaat bagi pelanggan baru untuk Berlangganan atau memanfaatkan Layanan harus dijangkau.

Konsep ini dapat diterapkan pada industri yang menyediakan layanan melalui beberapa penyedia kepada audiens pelanggan dan pengguna akhir yang berkembang pesat seperti industri pusat data saat pasarnya berkembang dunia.

Memasuki Indonesia, 73,7 persen dari lebih dari 270 juta penduduk menggunakan internet setiap hari, menjadikannya salah satu ekonomi digital terbesar di dunia.

Baca Juga: Komitmen Global Schneider Electric untuk Mempercepat Kemajuan dan Masa Depan Indonesia

Namun, dibandingkan dengan Singapura 183 watt per kapita, kapasitas pusat data Indonesia secara keseluruhan saat ini setara dengan hanya 0,6 watt daya per orang, ketidakcocokan yang signifikan mengingat populasi online negara tersebut.

Di situlah letak kesenjangan signifikan yang perlu diisi, di mana pusat data dengan jaringan yang dapat diandalkan sangat penting untuk mendukung ekonomi digital bisnis yang sedang berkembang yang menyimpan dan memproses data dan menghosting aplikasi online untuk tujuan mereka Pengguna.

Nilai platform pusat data tidak hanya terletak pada ukuran atau kekuatannya tetapi apakah bisnis dan penyedia layanan dapat mengandalkannya dan manfaat yang diberikannya kepada pengguna akhir.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x