Aplikasi PeduliLindungi Berubah Jadi SatuSehat, Simak Perbedaannya Berikut

- 1 Maret 2023, 22:36 WIB
Aplikasi PeduliLindungi kini berganti nama menjadi SatuSehat
Aplikasi PeduliLindungi kini berganti nama menjadi SatuSehat /

EDITORNEWS.ID - Mulai Rabu 1 Maret 2023, aplikasi PeduliLindungi resmi berganti nama menjadi SatuSehat Mobile. Tak hanya berganti nama, aplikasi ini juga diklaim menghadirkan fitur-fitur baru bagi para penggunanya. Masyarakat sudah bisa melakukan update aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat melalui AppStore maupun Play Store.

Dilansir dari berbagai sumber, alasan pergantian nama aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat adalah karena membaiknya tren angka Covid-19 di Indonesia. Aplikasi itu kini tidak lagi berfokus pada skrining penularan virus Corona. SatuSehat juga diklaim akan menjadi aplikasi yang merekam riwayat kesehatan penggunanya.

Sebelumnya, Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji, mengatakan bahwa aplikasi PeduliLindungi akan mengalami perubahan besar.

"PeduliLindungi akan mengalami perubahan besar malam ini, dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai SATUSEHAT Mobile mulai 1 Maret 2023," kata Setiaji, pada Selasa 28 Februari 2023.

Baca Juga: Tertarik dengan Perikanan Indonesia, China dan AS Rebutan Tanam Investasi

Setiaji juga menyebut bahwa akan ada fitur bernama Diari Kesehatan di aplikasi SatuSehat. Fitur disebut akan bisa mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat. Empat kondisi yang bisa dilihat di fitur Diari Kesehatan adalah pengukuran tubuh (tinggi dan berat badan), tekanan darah, gula darah, dan detak jantung.

Selain fitur itu, pengguna juga bisa mengakses riwayat medis kesehatan masing-masing. Beberapa hal seperti imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan hingga data pembelian obat disebut bisa diakses dan akan terintegrasi di aplikasi SatuSehat Mobile.

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menambahkan bahwa SatuSehat akan terintegrasi dengan aplikasi milik seluruh rumah sakit, laboratorium, klinik, apotik, hingga Puskesmas. Hal itu disebut akan bisa membuat riwayat kesehatan seseorang jadi lebih mudah diketahui.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x