Apa Itu Diffusi Axxonal Injuri?, Dampak Cidera yang Dialami Korban David Pasca Dianiaya Mario

- 28 Februari 2023, 22:37 WIB
Gambar ronsen otak manusia/ pexels
Gambar ronsen otak manusia/ pexels /

EDITORNEWS.ID - Kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo (20) anak mantan petinggi pajak di Jakarta, terhadap David (17) anak pengurus GP Ansor hingga saat ini masih berlanjut.

David yang menjadi korban saat ini masih melakukan perawatan insentif di salah satu rumah sakit di Jakarta dan infirormasi yang beredar diagnosa dokter menyebutkan ia mengalami Diffuse Axonal Injury (DAI).

Nitizen penasaran apa itu Diffuse axonal injury (DAI)?, Dilansir dari Halodoc, DAI atau cedera aksonal difus merupakan jenis cedera otak traumatis (TBI). Istilah ini menggambarkan cedera yang biasanya diakibatkan oleh trauma tumpul di kepala dan memengaruhi fungsi otak.

Penelitian menunjukkan, terdapat lebih dari 64 ribu kematian terkait TBI di Amerika Serikat (AS) pada 2020.

Baca Juga: Update Banjir Jakarta, 33 RT Masih Tergenang

DAI mengacu pada robekan serabut saraf atau akson. Cedera ini biasanya terjadi akibat pergeseran otak yang cepat di dalam tengkorak dan menyebabkan serabut saraf merenggang serta robek.

Karena otak merupakan organ yang sangat penting bagi keberlangsung hidup dan kinerja tubuh, cedera ini sering menyebabkan kelumpuhan hingga kematian pada pengidapnya. Selain dua hal itu, kondisi ini bisa menyebabkan pengidapnya mengalami geger otak dan koma.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x