Komisi XI DPR Fathan Subchi: Selama Pandemi Berlangsung Jumlah Pengangguran di Indonesia Terus Meningkat

- 23 Juli 2021, 10:04 WIB
Ilustrasi pencari kerja.
Ilustrasi pencari kerja. /Pixabay/free photos/

EDITORNEWS - Angka pengangguran di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup drastis, dimana setiap tahun lembaga pendidikan mengeluarkan ribuan lulusan untuk bekerja.

Sementara itu lapangan pekerjaan tak mampu menampung banyak lulusan hingga mereka terpaksa ada yang menganggur.

Apalagi saat ini Indonesia tengah berdampingan melawan pandemi Covid-19 yang telah 2 tahun terakhir merabah di tanah air.

Para pencari kerja hampir setiap sudut hanya saja mereka terus berusaha untuk mencari kerja demi memenuhi kebutuhan hidup.

Baca Juga: Sebelum Akhiri Pendaftaran, Berikut 17 Poin Penting Agar Lulus Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK Tahun 2021

Mengutip dari pikiran rakyat Wakil Ketua Komisi XI DPR Fathan Subchi menyampaikan jumlah penganguran di Indonesia mengalami peningkatan selama pandemi ini.

Merujuk dari sumber data Badan Pusat Statistik (BPS) sebanyak 8,75 juta orang (YoY) jika dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Beberapa bulan yang lalu Februari 2021 angka penganguran hanya mencapai 6,93 juta orang 

Selain itu, hingga kuartal I/2021 orang miskin bertambah menjadi 27,54 juta orang atau naik 1,12 juta orang jika dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

"Ini menunjukkan perlunya refocusing atas penanganan pandemi. Kita jangan sampai terlambat melakukan langkah strategis. Hanya dibutuhkan tiga hal, setop proyek yang tak terkait penanganan pandemi, perketat PPKM Darurat, dan bangun industri pangan masyarakat,” ucapnya.

Salah satu program pemerintah dalam mebantu kesulitan para pencari kerja dengan menyediakan program kartu prakerja yang nantinya akan diberikan bantuan senilai Rp600 ribu per bulan selama 3 bulan.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x