Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, Akan Mengusulkan Klub Perdamaian Internasional dengan China

- 26 Maret 2023, 06:32 WIB
Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva akan mempresentasikan visinya untuk "klub perdamaian" internasional
Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva akan mempresentasikan visinya untuk "klub perdamaian" internasional /

EDITORNEWS.ID - Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva akan mempresentasikan visinya untuk "klub perdamaian" internasional yang bertujuan menyelesaikan konflik di Ukraina ketika ia bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing minggu ini.

Menteri luar negeri Brasil juga mengatakan kepada Financial Times pada hari Jumat, 24 Maret 2023, di mana Lula yang tetap netral dalam konflik tersebut, percaya negara-negara yang tidak sejajar seperti Brasil memiliki peluang terbaik untuk menjadi perantara kesepakatan damai.

"Kami sangat tertarik untuk mempromosikan atau membantu menghasilkan semacam pertemuan yang akan mengarah pada proses perdamaian," kata Menteri Luar Negeri Brasil Mauro Vieira.

"Presiden telah mengatakan berkali-kali dia mendengar banyak tentang perang, tetapi sangat sedikit kata-kata tentang perdamaian. Dia tertarik pada percakapan damai."

Namun, Lula telah mengambil peran yang lebih aktif secara internasional daripada Bolsonaro, mengumumkan pada Januari bahwa ia bermaksud untuk menggalang kelompok seperti G20 "untuk mengakhiri konflik Rusia-Ukraina."

Baca Juga: Terancam PHK, Para Buruh Polandia Meneror Greta Thunberg dan Melakukan Gugatan ke Uni Eropa

"Penting untuk membentuk kelompok dengan kekuatan yang cukup untuk dihormati di meja perundingan, dan duduk bersama di kedua belah pihak," katanya saat itu.

Selama kampanye pemilihannya, Lula menyatakan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky "bertanggung jawab seperti Presiden Rusia Vladimir Putin untuk perang," dan mengutuk para pemimpin AS dan Uni Eropa karena menjanjikan keanggotaan NATO ke Ukraina.

Sejak menjabat, pemimpin Brasil telah bertemu dengan Presiden AS Joe Biden dan Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan telah berbicara melalui telepon dengan Zelensky dan Putin.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x