Indonesia Mengutuk Keras Israel dan Terus Secara Konsisten Mendukung Perjuangan Rakyat Palestina

- 23 Maret 2023, 14:47 WIB
Indonesia terus secara konsisten mendukung perjuangan rakyat Palestina
Indonesia terus secara konsisten mendukung perjuangan rakyat Palestina /

EDITORNEWS.ID - Indonesia telah mengeluarkan kecaman keras terhadap komentar baru-baru ini oleh menteri keuangan sayap kanan Israel Betzalel Smotrich "yang menyangkal keberadaan Palestina dan mengecam keberadaan dan kedaulatan teritorial Yordania", cuit Kementerian Luar Negeri pada hari Rabu, 22 Maret 2023.

Dalam postingan keduanya, kementerian menegaskan kembali sikap negara: "Indonesia terus secara konsisten mendukung perjuangan rakyat Palestina dan menghormati kedaulatan teritorial Yordania."

Abdul Kadir Jailani, direktur jenderal kementerian untuk urusan Asia, Pasifik dan Afrika, juga turun ke Twitter pada hari Rabu, 22 Maret 2023, untuk menyatakan dukungan Indonesia yang tak tergoyahkan kepada rakyat Palestina, merujuk pada sikap tersebut sebagai mandat konstitusional.

"Indonesia tetap konsisten mendukung perjuangan rakyat Palestina sesuai amanat UUD 1945. Selama kemerdekaan Palestina tidak terwujud, dukungan Indonesia tidak akan pernah goyah," kata Jailani.

Baca Juga: Hobinya Suap-Menyuap: Kini Hakim Agung Gazalba Saleh Ditetapkan sebagai Tersangka Pencucian Uang

Sebagai pendukung kuat penentuan nasib sendiri Palestina, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Tel Aviv.

Tudingan Israel terhadap Palestina dan tetangga timurnya Yordania terjadi di tengah meningkatnya ketidakpuasan di antara publik Indonesia atas Piala Dunia Sepak Bola U-20 2023, yang dijadwalkan akan diselenggarakan di enam kota di seluruh nusantara pada Mei-Juni dan termasuk tim Israel.

Menteri keuangan Smotrich, yang memimpin Partai Zionisme Religius kanan dalam koalisi penguasa pemimpin Israel anti-Palestina Benjamin Netanyahu, seperti dikatakan dalam pidato yang disampaikan konferensi di Prancis pada hari Minggu bahwa "tidak ada yang namanya rakyat Palestina", reuters melaporkan.

Rekaman itu juga menangkap Smotrich berbicara di podium yang dihiasi dengan peta Israel yang menggabungkan Yordania dan wilayah Palestina di Tepi Barat dan jalur Gaza.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x