China Menolak RUU Asal Usul Covid-19 Amerika Serikat yang Dianggap Sebagai Senjata

- 23 Maret 2023, 22:41 WIB
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin /editornews.id/

EDITORNEWS.ID – China membantah dan menolak terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang asal usul Covid-19 dari AS yang telah ditandai tangani presiden Joe Biden. China menolak dan menganggap RUU tersebut digunakan sebagai serangan kepadanya.

"Tanpa bukti apa pun, RUU tersebut menyebarkan teori 'kebocoran laboratorium' sehingga dapat mencoreng dan menyerang China," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Wang Wenbin dalam pengarahan pers rutin di Beijing, Selasa.

Menurut Wang, RUU tersebut merupakan kesalahan serius Amerika Seriktat dalam menggambarkan fakta yang terjadi. Pihak Beijing menyesalkan terhadap pihak Washington yang telah mengeluarkan RUU asal usul Covid-19 sehingga dapat mencoreng dan menyudutkan China.

Wang berpendapat memolitisasi terkait pelacakan asal usul Covid-19 hanya akan menghambat kerja sama sains dan merusak soladaritas melawan virus tersebut sehingga juga dapat merusak mekanisme tata kelola kesehatan global.

Baca Juga: Indonesia Mengutuk Keras Israel dan Terus Secara Konsisten Mendukung Perjuangan Rakyat Palestina

China mendesak Amerika Serikat untuk segera menghentikan upayanya melakukan tindakan manipulasi politik dan menjadikan isu asal usul Covid-19 sebagai senjata. Sementara itu, Wang juga menuding sikap AS yang tidak bertanggung jawab dalam melacak asal usul virus tersebut.

Ia berpendapat tudingan tersebut, didasari dari pihak AS yang tidak pernah mengundang kelompok ahli dari WHO untuk memberikan data awal asal usul Covid.

Selain itu, RUU yang dibuat AS juga mendesak pihak Intelijen Nasional Amerika Serikat untuk mengumumkan semua informasi terkait adanya potensi keterkaitan antara institut Virologi Wuhan dan asal usul Covid-19.

Wang kemudian menambahkan bahwa tindakan yang dilakukan AS justru sebaliknya, dengan menutup mata pada laboratorium bilogi di University of Carolina dan pangkalan biologi militer AS yang ada di seluruh dunia.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x