Inflasi di Portugal Tinggi Membuat Masyarakatnya Melakukan Unjuk Rasa

- 26 Februari 2023, 22:57 WIB
Ilustrasi unjuk rasa
Ilustrasi unjuk rasa /

EDITORNEWS.ID – Pada hari Sabtu, 25 Februari 2023 di Lisbon, ribuan warga menggelar aksi turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya terkait kehidupan yang lebih baik. Dikabarkan aksi tersebut disebabkan tingginya nilai inflasi di Portugal yang menyebabkan masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dilansir dari Reuters, Portugal adalah negara termiskin di Eropa. Hal tersebut dibuktikan dari data pemerintah tahun lalu yang menyatakan lebih dari 50 persen pekerja berpenghasilan kurang dari 1.000 euro per bulan atau Rp16,3 juta. Upah minimum di Portugal sebesar 760 euro atau Rp12,26 juta.

Pada tahun lalu harga rumah di Portugal naik di angka 18,7 persen, kenaikan tersebut menjadi inflasi tertinggi dalam tiga puluh tahun terakhir. Selain itu harga sewa juga mengalami kenaikan tajam disebabkan spekulasi properti atau kenaikan harga yang dilatarbelakangi oleh sentimen dan momentum pasar.

Menurut sebuah studi perusahaan asuransi CIA Landlords, upah minimum dan harga sewa yang melonjak drastis menjadikan Lisbon kota ketiga yang tidak layak huni. Ditambah tingkat inflasi 8,3 persen di Portugal memperparah situasi tersebut.

Baca Juga: Kapal Selam Bertenaga Nuklir Amerika Serikat Tiba Di Busan Di Tengah Provokasi North Korea

Dalam unjuk rasa yang dilatarbelakangi "Kehidupan yang Layak" itu, seorang programmer berusia 26 tahun yang tinggal di Lisbon mengaku harus tinggal lebih jauh dari kota tersebut sebab biaya hidupnya sangat mahal.

"Sampai pada suatu titik dalam hidup kami, kami merasa tidak lagi memiliki harapan," ujarnya.

Dia juga mengaku ingin pindah ke negara lain di Eropa yang memiliki kehidupan sejahtera karena sulitnya hidup di Portugal karena inflasinya yang tinggi.

"Kami berada di sini agar suara kami didengar," ujar Jose Reis yang baru lulus kuliah namun belum memiliki pekerjaan.

Gerakan unjuk rasa tersebut dipelopori oleh orang-orang yang tinggal di pinggiran ibu kota. Mereka adalah orang yang paling terdampak inflasi tersebut, sebelum inflasi tinggi mereka yang paling terpukul oleh krisis biaya hidup di Lisbon.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x