Botswana Institude Konfirmasi Kehadiran Varian Baru COVID-19 yang Muncul di Negara Tetangganya Afrika Selatan

- 28 Januari 2021, 12:50 WIB
Ilustrasi Tes Virus Corona
Ilustrasi Tes Virus Corona /Pixabay/lukasmilan

EDITORNEWS - Botswana Institute for Technology Research and Innovation (BITRI) mengonfirmasi kehadiran varian baru COVID-19, 501Y.V2, yang pertama kali muncul di negara tetangga Botswana, Afrika Selatan.


BITRI pada Selasa (26/1) mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Laboratorium Kesehatan Nasional memastikan varian baru tersebut melalui teknologi yang mengurutkan genom utuh nanopori.

"Teknologi ini akan digunakan dalam pengawasan genom untuk menentukan penyebaran dan prevalensi varian ini serta garis keturunan khas lainnya di Botswana," kata BITRI melalui pernyataan.

Baca Juga: Nita Thalia Mengatakan Jika Dirinya Melakukan Operasi Plastik Secara Bertahap 

Baca Juga: Donasi yang Diberikan Kim Seon Ho adalah Bentuk Terima Kasih atas Dukungan oleh Para Penggemar

Menurut ahli kesehatan, genom utuh yang diurutkan memberikan sejumlah besar informasi dan resolusi setinggi mungkin untuk subtipe patogen.

Temuan BITRI itu muncul setelah direktur layanan kesehatan di Kementerian Kesehatan menugaskan lembaga tersebut untuk menentukan apakah varian baru virus corona yang sangat menular, 501Y.V2, ada di Botswana.

Botswana juga bergabung dengan negara-negara Afrika yang meminta vaksin untuk menyelamatkan populasi mereka dari pandemi COVID-19, yang telah menghancurkan negara dan menyebabkan kesehatan dan ekonomi jatuh 'sakit'.***

Editor: Aditya Ramadhan

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x