Jamur Shiitake Dapat Melawan Infeksi dan Mencegah Kanker

- 27 Januari 2021, 18:19 WIB
Jamur Shiitake.
Jamur Shiitake. /Istimewa/RRI

EDITORNEWS - Jamur shiitake salah satu dari berbagai jenis jamur yang dapat dimakan dan banyak manfaatnya bagi tubuh. Jamur ini ternyata telah dikenal selama ribuan tahun untuk meningkatkan kesehatan.

Jamur shiitake berasal dari Asia Timur sekarang menjadi salah satu jamur yang populer. Jamur shiitake tumbuh secara alami di atas kayu lapuk dari pohon gugur seperti oak, shii, chestnut, maple, mulberry dan lainnya. Jamur ini berwarna cokelat tua berukuran 5-10 cm.

Jamur ini memiliki rasa gurih dan seperti daging serta dapat dikonsumsi baik dalam bentuk segar maupun dikeringkan.

Baca Juga: Tips Mengatasi Bahaya Duduk Terlalu Lama

Baca Juga: Timun Banyak Memiliki Manfaat Selain Wajah Salah Satunya Jantung

Menurut Boldsky, jamur ini menawarkan vitamin, mineral dan senyawa bioaktif lainnya yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah berbagai khasiat yang bisa didapatkan dari jamur shiitake :

1.Meningkatkan kesehatan jantung
Senyawa yang terdapat dalam jamur shiitake seperti sterol, beta glukan dan eritadenine telah terbukti membantu mengurangi kolesterol, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung

2. Membantu menurunkan berat badan
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Obesity mempelajari efek jamur shiitake pada profil lipid plasma, penumpukan lemak, efisiensi energi, dan indeks lemak tubuh.Jamur shiitake rendah kalori dan merupakan sumber serat yang baik.

Baca Juga: Pelajari 7 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Baca Juga: 4 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi Cocok untuk Program Diet

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x