6 Manfaat Konsumsi Yogurt untuk Kesehatan Tubuh

- 24 Desember 2023, 23:29 WIB
Ilustrasi mengonsumsi Yogurt dengan buah. /Pixabay/ponce_photography
Ilustrasi mengonsumsi Yogurt dengan buah. /Pixabay/ponce_photography /

EDITORNEWS.ID - Yogurt merupakan salah satu produk susu fermentasi yang terbuat dari susu sapi, kambing, atau domba. Yogurt kaya akan nutrisi, termasuk protein, kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin B. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan.

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di dalam tubuh manusia. Bakteri ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan, memperkuat daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan kulit.

Berikut adalah 6 manfaat konsumsi yogurt untuk kesehatan tubuh:

  1. 1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Yogurt mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat di dalam usus, sehingga dapat mencegah berbagai gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, dan sindrom iritasi usus.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Yogurt merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium merupakan mineral penting yang berperan dalam pembentukan dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Asupan kalsium yang cukup dapat membantu mencegah osteoporosis, yaitu kondisi tulang yang rapuh dan mudah patah.

Baca Juga: 7 Manfaat Vitamin K Bagi Kesehatan Tubuh

Selain kalsium, yogurt juga mengandung fosfor, yang juga merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Fosfor membantu tubuh menyerap kalsium dan menjaga kekuatan tulang dan gigi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Yogurt mengandung protein, kalsium, dan kalium. Protein dan kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah, sedangkan kalium dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, konsumsi yogurt dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Yogurt mengandung probiotik yang juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Probiotik dapat membantu melawan infeksi dan penyakit.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x