Cara Menghilangkan Kantong Mata menurut Dokter Kulit

- 24 November 2023, 19:43 WIB
Keterangan Foto: Masker untuk Menghilangkan Kantung Mata: Solusi Praktis dan Ampuh untuk Kulit yang Lebih Segar Foto: pexels.com
Keterangan Foto: Masker untuk Menghilangkan Kantung Mata: Solusi Praktis dan Ampuh untuk Kulit yang Lebih Segar Foto: pexels.com /

EDITORNEWS.ID - Bagi sebagian orang, memiliki kantong mata bukan masalah yang besar, mereka menganggap hal ini sebagai kejadian normal dan sebagai tanda mereka bekerja keras hingga mengorbankan waktu tidurnya. Namun, bagi beberapa orang memiliki kantong pada mata mereka dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya dirinya.

Bagaimanapun juga, mata yang segar dan lebih cerah membuat anda lebih terlihat terjaga dan waspada, terlepas dari masalah yang diemban atau waktu tidur yang kurang.

Lingkaran hitam yang terdapat di bawah mata seseorang memiliki banyak penyebab, seperti genetika, gaya hidup, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi. Namun, apakah kantong mata bisa dihilangkan?.

Apa yang Menyebabkan Munculnya Lingkaran Hitam di Bawah Mata?

Menurut dokter kulit Dr Christina Psomadakis, banyak penyebab berbeda yang menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata, termasuk genetika, anatomi, pembuluh darah dan limfatik, usia, dan pigmentasi kulit.

Baca Juga: Berapakah Waktu Tidur yang Dibutuhkan Sebenarnya? Para Ahli Memberi Tanggapan

"Lingkaran hitam bawaan genetik mempengaruhi orang-orang asal India, Hispanik, Timur Tengah dan Asia Timur Jauh, dan prosesnya dimulai pada masa kanak-kanak," jelas ahli bedah okuloplastik estetika, Dr Sabrina Shah-Desai.

“Beberapa di antaranya ada hubungannya dengan anatomi wajah. Misalnya jika Anda memiliki dahi yang menonjol, inset atau mata menonjol, ini dapat menimbulkan bayangan pada area bawah mata yang dianggap sebagai kegelapan. Kiat yang bagus adalah meminta seseorang memeriksa apakah kulit itu tetap gelap dengan kepala dimiringkan ke belakang.” Tambah Psomadakis.

Usia juga berperan dalam kasus ini, seiring bertambahnya usia, kulit kelopak mata menjadi semakin tipis dan kehilangan keelastisannya. Paparan sinar matahari selama bertahun-tahun dan cahaya yang dipancarkan oleh gawai, serta polutan lingkungan juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada mata.

Apakah bisa Menghilangkan Kantong Mata ini?

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x