Lama Mangkrak, KPK Sorot Proyek Pelabuhan Ujung Jabung

- 6 Juni 2023, 21:48 WIB
Gubernur Al Haris saat menghadiri pertemuan dengan KPK
Gubernur Al Haris saat menghadiri pertemuan dengan KPK /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Dalam sebuah rapat koordinasi yang diselenggarakan secara tertutup di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Gubernur Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH, memimpin pertemuan penting bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rapat ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang telah lama menghambat proyek pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung.

Rapat dihadiri Kementerian Perhubungan RI, Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR), dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dalam wawancara setelah acara, Gubernur Al Haris menekankan pentingnya rapat koordinasi ini dalam menyelesaikan tantangan yang menghambat progres Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung.

“Bersama dengan KPK, kami mengundang Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, DPR, dan Pemkab Tanjabtim untuk membahas masalah yang terkait dengan penyelesaian Pelabuhan Ujung Jabung. Kami menghadapi berbagai kendala yang menghambat proses pembangunan, dan ini menjadi tanggung jawab bersama untuk mengatasinya,” ungkap Gubernur Al Haris.

Baca Juga: Usai Viral, Pemkot Jambi Cabut Laporan Polisi Terhadap Siswi SMP Pengkritik Wali Kota Syarif Fasha

“Kami tentu tidak ingin anggaran negara yang telah cukup besar diinvestasikan dalam proyek ini menjadi sia-sia dan tidak dapat digunakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, saya percaya bahwa rapat ini sangat penting. Bersama dengan Kementerian PUPR dan Perhubungan, kami akan membuat pernyataan bersama hari ini dan melanjutkan dengan poin-poin penting yang disepakati,” tambahnya.

Gubernur Al Haris menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan penundaan dalam penyelesaian Pelabuhan Ujung Jabung. Al Haris lalu menyoroti status pelabuhan dan masalah komunikasi yang berkaitan dengan kepemilikan tanah.

“Kami mengidentifikasi beberapa kendala yang menghambat penyelesaian Pelabuhan Ujung Jabung, yaitu masalah transformasi Pelabuhan Samudra menjadi Pelabuhan Pengumpul dan kesalahpahaman mengenai pemindahan kepemilikan tanah yang belum diserahkan oleh Kementerian Perhubungan. Prinsip kami adalah mempercepat proses penyelesaian dan membangun berdasarkan kemajuan yang sudah dicapai,” tutup Gubernur Al Haris.

Dengan tujuan menghidupkan kembali Pelabuhan Ujung Jabung dan mengoptimalkan potensinya, Gubernur Al Haris dan KPK, bersama dengan instansi pemerintah terkait, menunjukkan komitmen untuk memastikan penyelesaian proyek infrastruktur yang vital ini.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah