Waspada Adanya Curah Hujan Tinggi dalam Sepekan di Beberapa Wilayah Indonesia

- 23 Februari 2023, 18:17 WIB
Ilustrasi hujan deras
Ilustrasi hujan deras /

EDITORNEWS.ID – Masyarakat dihimbau waspada akan adanya potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Terutama wilayah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, dan Bali berpotensi mengalami hujan berintensitas sedang hingga tinggi yang disertai petir dan angin kencang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat yang ada di Jakarta. Berdasarkan sistem peringatan dini cuaca ketiga provinsi tersebut memiliki potensi hujan disertai petir dan angin kencang. Maka dari itu warga dihimbau waspada.

Selain itu, provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi, Bengkulu, Gorontalo, seluruh pulau Kalimantan, Lampung, dan Maluku, juga dihimbau waspada adanya intensitas hujan tinggi. Masyarakat bisa membersihkan selokan agar tidak menimbulkan banjir.

Sebelumnya, BMKG memperkirakan akan terjadi cuaca ekstrim di beberapa wilayah Indonesia selama sepekan yang disebabkan adanya aktivitas Monsoon Asia. Selain itu cuaca ekstrim juga disebabkan kondisi atmosfer yang berpengaruh besar terhadap pembentukan awan hujan lebih intensif.

Baca Juga: Detik-detik Proses Evakuasi Rombongsan Kapolda Jambi oleh Tim SAR Gabungan

"Perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan signifikasi dinamika atmosfer yang berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia," ujar Guswanto Deputi Bidang Meteorologi, BMKG.

Selain itu, menurutnya akan ada kejadian yang mengindikasikan aktifitas serukan dingin dari Asia serta ditemukan pusat tekanan rendah di Perairan Barat Australia dan adanya konvergensi atau perlambatan kecepatan angin yang terbentuk di sekitar wilayah Indonesia.

Lanjutnya ia juga menerangkan bahwa kejadian di atas dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Dengan begitu masyaraka bisa mewaspadai akan adanya bencana banjir dengan membersihkan sampah yang dapat menyumbat selokan. Karena curah hujan tinggi menurut BMKG akan terjadi dalam sepekan ke depan.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x