Hujan Deras Hampir Seluruh Bagian Kota Makassar Digenangi Air

- 13 Februari 2023, 22:29 WIB
Makassar Banjir
Makassar Banjir /

EDITORNEWS.ID - Kota Makassar terendam banjir. Hampir seluruh bagian di kota tersebut digenangi air. Hujan yang turun sedari pagi dengan intensitas tinggi membuat air meluap.

Dilansir dari berbagai sumber, ketinggian banjir bahkan ada yang mencapai leher orang dewasa. Kepala Pelaksana BPBD Makassar Ahmad Hendra Hakamuddin menjelaskan bahwa banjir di Makassar terjadi karena curah hujan yang tinggi dari Minggu malam. Hal itu diperparah dengan air laut yang sedang pasang sehingga menambah volume air yang meluap.

Diberitakan bahwa setidaknya ada 27 RT dan 26 RW yang berada di wilayah Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar terendam banjir. Ketinggian banjir bervariasi, mulai dari sebetis sampai sepaha orang dewasa.

Sejumlah warga yang terdampak banjir terlihat berusaha untuk membersihkan sampah yang menyumbat kanal. Namun sepertinya hal itu terlambat, karena tindakan seperti itu harusnya dilakukan sebelum banjir terjadi.

Baca Juga: Kalimantan Tengah Dalam Kondisi Siaga Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

Akibat dari banjir ini diperkirakan kerugian mencapai ratusan miliar rupiah. Banyak pusat perekonomian terdampak dan kegiatan masyarakat pun terganggu. Selain itu, sementara ini dilaporkan ada satu korban jiwa dalam kejadian ini. Seorang ibu rumah tangga berinisial IS (35) dilaporkan meninggal karena terjatuh dari tangga rumahnya yang licin karena terendam banjir.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto sudah menginstruksikan jajarannya untuk melihat kondisi masyarakat yang terdampak banjir ini. Ia juga mengimbau warga untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam situasi genting seperti ini, terlebih untuk selalu menjaga anak kecil dan anggota keluarga yang sudah lanjut usia.

Sampai berita ini dirilis, belum ada laporan resmi dari pihak BPBD Kita Makassar terkait total kerugian dan korban dari kejadian banjir. Namun diyakini pihak terkait masih berusaha untuk mengevakuasi warga yang terjebak dan terdampak. ***

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x