BKSDA Temukan Dua Bangkai Gajah Sumatera di Langkat

- 15 April 2022, 21:14 WIB
Dua ekor satwa liar gajah sumatera (Elephas Maximus Sumatrae) ditemukan mati di daerah perkebunan Desa Bukit Mas
Dua ekor satwa liar gajah sumatera (Elephas Maximus Sumatrae) ditemukan mati di daerah perkebunan Desa Bukit Mas /

EDITORNEWS.ID - Dua ekor satwa liar gajah sumatera (Elephas Maximus Sumatrae) ditemukan mati di daerah perkebunan Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

Temuan itu didapati Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA)  Sumatera Utara.

Dilansir dari Antara, keberadaan bangkai gajah itu pertama kali dilaporkan pemancing ikan kepada petugas Resort Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

"Setelah itu laporannya diteruskan kepada Kepala Seski Konservasi Wilayah II Stabat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BBKSDA Sumut Irzal Azhar dalam keterangannya di Medan, Jumat, 15 April 2022.

Baca Juga: Polisi Ungkap Penyebab Sementara Mall Tunjungan Plaza Surabaya Alami Kebakaran

Irzal Azhar juga menyebutkan penemuan pertama kali satu ekor bangkai gajah itu pada Minggu, 10 April di perkebunan jeruk milik masyarakat bermarga Hutapea di Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

Kemudian saat pengecekan lokasi yang dilakukan oleh petugas Resort KSDA Aras Napal 241, ditemukan bangkai gajah dewasa, jenis kelamin betina dengan kondisi sudah memulai membusuk.

Pada tubuhnya ditemukan banyak luka bekas tusukan dengan usus terburai dan caling (semacam gigi pada gajah yang menonjol berevolusi, lebih kecil dari gading. Yang ada hanya ada pada gajah betina.

"Hasil ploting koordinat yang dilakukan petugas, bangkai gajah tersebut posisinya berada di Hutan Produksi Terbatas yang berbatasan dengan TNGL dan hanya berjarak sekitar 150 meter," ujarnya.

Baca Juga: Polisi Ringkus 4 Tersangka  Maling Uang Rakyat di Palembang

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x