Jangan Tinggalkan, Ini Keutamaan dan Pahala Sholat Tarawih Berjamaah di Mesjid

- 25 Maret 2023, 22:56 WIB
Keutamaan dan pahala sholat tarawih berjamaah di mesjid
Keutamaan dan pahala sholat tarawih berjamaah di mesjid /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Salah satu amalan yang berbeda di bulan Ramadhan adalah puasa dan sholat tarawih sebab dua amalan ini tidak ada di bulan-bulan biasa.

Sholat tarawih ternyata memiliki fadhilah tersendiri dan keutamaannya sebagaimana yang tercantum dalam hadist Nabi. Dilansir Editornews.id melalui YouTube Yufid.TV, berikut ini penjelasan tentang keutamaan dan pahala yang didapatkan jika melaksanakan sholat tarawih berjamaah.

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan yang jangan sampai kita lewatkan adalah mengerjakan sholat sunat tarawih bersama imam di mesjid hingga selesai agar mendapatkan pahala sholat semalan suntuk.

Dari sahabat Abu Dzar, Nabi SAW bersabda:
"Siapa yang sholat bersama imam sampai dia selesai, maka ditulis baginya pahala qiyam satu malam penuh." HR. Nasai, Turmudzi, dan dishahihkan Al-Bani.

Baca Juga: Wajib Tau ! 4 Keutamaan Puasa 10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan

Selain itu, ada doa yang dianjurkan dibaca setelah sholat witir yaitu:
Subhanal malikil quddus (dibaca sebanyak 3 kali) lalu membaca Robbi malaaikai warruuh. Terkahir membaca Allahumma inni 'audzubika biridhooka min sakhotik wa bimu'aa faa tika min 'uquubatik wa 'audzubika la ukhsii tsanaa ann 'alaiik anta kamaa astnaiita 'alaa nafsik.

Selain itu, keutamaan dari sholat tarawih adalah ibadah ini bisa menghapuskan dosa-dosa kita yang telah lalu. Hal ini sebagaimana tercantum dalam hadist Nabi.

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda yang artinya:
"Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan, yaitu sholat tarawih karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." HR. Bukhari dan Muslim.

Nah, itulah keutamaan dari sholat tarawih. Kita akan mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan sholat malam hingga suntuk dan dihapuskan segala dosa-dosanya. Meskipun sholat tarawih merupakan amalan sunah, akan tetapi alangkah ruginya jika kita meninggalkan amalan yang satu ini.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x