Supaya Ibadah Lebih Berkah, Berikut Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2023

- 11 Maret 2023, 00:27 WIB
Ramadhan Kareem/ Pixabay
Ramadhan Kareem/ Pixabay /

EDITORNEWS.ID - Sebentar lagi umat islam akan menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah/2023 Masehi. Kedatangan bulan suci ini tentu perlu di sambut dengan suka cita.

Oleh karena itu umat islam harus melakukan berbagai persiapakan agar ibadah yang dilakukan di bulan suci Ramadhan bisa lebih maksimal dan berkah. Berikut 4 persiapan penting sambut bulan suci Ramadan 2023 yang bisa kamu lakukan.

1. Lunasi Hutang Puasa Tahun Lalu
Buat para umat islam perempuan, di bulan Ramadhan pasti ada yang mendapatkan tamu bulanan (haid) sehingga tidak berpuasa. Maka dari itu, persiapan pertama untuk menyambut Ramadhan tahun ini adalah segera lunasi hutang puasa kalian tahun lalu. Jika tidak melunasi hutang puasa tahun lalu, maka hutang puasa akan bertambah. Di samping itu juga akan dapat beban baru karena selain puasa juga harus membayar fidyah.

2. Siapkan Perlengkapan Ibadah
Supaya kamu makin semangat ibadah di bulann suci Ramadhan, maka perlu juga menyiapkan perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, dan lain seagainya. Tidak perlu beli baru, perlengkapan ibadah cukup di cuci saja supaya lebih bersih dan wangi untuk dipakai selama bulan puasa.

Baca Juga: Menjelang Ramadhan : Buka Puasa, Lebih Baik Minum Minuman Hangat atau Dingin?

3. Olahraga
Bulan suci Ramadhan kita diwajibkan untuk berpuasa menahan diri dari lapar dan haus selama beberapa jam. Kondisi ini jika tidak diiringi dengan stamina tubuh yang baik akan membuat beberapa orang sakit. Oleh sebab itu, kita perlu harus mempersiapkan fisik dengan baik. Caranya bisa dengan mulai rutin berolahraga, bisa juga dengan konsumsi vitamin.

4. Bertaubat
Persiapan terakhir dalam menyambut Ramadan 1444 Hijriah adalah dengan bertaubat kepada Allah SWT. Manusia tentu tidak luput dari dosa, maka jangan lupa untuk minta ampunan pada Yang Maha Kuasa. Bertaubat bisa dilakukan dengan Salat Taubat sebelum bulan Ramadan tiba. Salat taubat bisa dilakukan seorang diri dan kapan saja, baik siang atau malam hari.***

 

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x