Menjelang Ramadhan : Buka Puasa, Lebih Baik Minum Minuman Hangat atau Dingin?

- 10 Maret 2023, 14:40 WIB
Menu minuman buka puasa Ramadan 2021
Menu minuman buka puasa Ramadan 2021 /Sumber foto : Pixabay/PhotoMIX-Company/Es jeruk nutrisari/

EDITORNEWS.ID - Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, saatnya untuk menjalankan puasa bagi kaum muslim. Apakah Anda sedang cari info mengenai menu apa yang cocok untuk buka puasa? Jangan sampai Anda bingung mau minum apa saking banyaknya pilihan.

Pikirkan juga apakah makanan atau minuman yang dikonsumsi sehat atau tidak. Jangan karena enak sesaat, ujung-ujungnya Anda justru jatuh sakit dan tidak kuat lagi untuk menjalankan ibadah puasa.

Saat berbuka puasa, tentu banyak orang yang lebih memilih minuman dingin daripada minuman hangat. Hal ini dikarenakan minuman dingin akan lebih nikmat dan segar saat dikonsumsi setelah seharian berpuasa.

Lalu apakah sebenarnya hal tersebut baik untuk kesehatan? Mana yang lebih baik, minum minuman hangat atau dingin?.

Baca Juga: Berikut Ide Bisnis Menguntungkan di Bulan Suci Ramadhan Selain Bisnis Pakaian dan Makanan

Beberapa pendapat mengatakan bahwasanya minum minuman hangat lebih baik daripada minuman dingin. Hal ini dikarenakan minum air yang dingin atau es kala perut kosong setelah seharian berpuasa dapat memicu adanya kontraksi pada lambung.

Hal tersebut dikarenakan lambung baru menerima cairan suhu yang jauh berbeda dari suhu tubuh. Namun kondisi tersebut terutama bisa terjadi pada penderita maag. Kelebihan air hangat memang sangat banyak, merangsang aliran darah ke usus, mengaktualisasikan sistem pencernaan hingga mencegah konstipasi.

Akan tetapi tidak selamanya air dingin atau es pilihan yang buruk bagi kesehatan. American College of Sports Medicine’s Position Stand on Exercise and Fluid Replacement menerangkan bahwa cairan yang perlu masuk ke dalam tubuh lebih dingin dibandingkan dengan suhu sekitar.

Air dingin sendiri sebenarnya tidak membahayakan organ internal manusia. Bahkan, minuman dingin akan membuat seseorang lebih cepat merasa kenyang. Hal tersebut menjadikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi kalori. Air dingin sendiri memang banyak disukai orang, terlebih saat berpuasa, konsumsi air dingin atau es pun meningkat.

Baca Juga: Ramadhan Tinggal Menghitung Hari, Tips Bisa Rutin Salat Tarawih di Masjid Agar Tidak Capek

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x