Ditolak Ceramah oleh Anggota GP Ansor, Ustaz Khalid Basalamah Dibela Wagub Jawa Barat

- 15 Maret 2023, 21:49 WIB
Khalid Basalamah Official
Khalid Basalamah Official /

EDITORNEWS.ID - Ustaz Khalid Basalamah menyita atensi publik terkait pembatalan ceramahnya di Masjid Raya Al-Jabbar di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Sebelum ini, Ustaz Khalid Basalamah dijadwalkan mengisi ceramah dalam acara Gazwah Weekend Festival pada Sabtu, 18 Maret 2023.

Namun, ceramah yang akan digelar dan diisi oleh Ustaz Khalid Basalamah harus batal lantaran banyaknya kontra yang menghampiri. Salah satu orang yang secara gamblang menolak sang dai adalah anggota GP Ansor bernama Afif Fuad Saidi.

Afif menulis cuitan perihal rasa kekecewaan atas pemilihan Ustaz Khalid Basalamah sebagai pengisi ceramah di masjid pemerintah provinsi. Tak tanggung-tanggung, cuitan tersebut langsung ditujukan kepada orang nomor satu di Jawa Barat, yakni Ridwan Kamil.

"Pak @ridwankamil. Saya kecewa kpd Bapak, sumpah. Ini masjid pemprov, dan ngasi panggung ke Khalid Basalamah, karep e smean gimana?" cuit Afif di akun twitter pribadinya @AfifFuadS pada Jumat, 10 Maret 2023.

Baca Juga: Supaya Ibadah Lebih Berkah, Berikut Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2023

Afif menilai Ustaz Khalid Basalamah intoleran. Sang dai dibilang sering melontarkan kalimat yang tidak menghargai keberagaman bangsa Indonesia. Ia menambahkan Ustaz Khalid tidak menyukai budaya leluhur yang sudah berakar di Indonesia, sebagai contoh Wayang yang dikenal menjadi alat penyebaran agama islam yang lebih mudah diterima oleh masyarakat Jawa.

“Misal, peringatan hari ibu, dia bilang itu peringatan hari nasrani, ga usah diperingati, ini kan tendensius dan bikin gaduh, lalu soal sikap nilai kebangsaan, Khalid juga payah, menyarankan utk tidak hormat bendera merah putih, ga usah ikut nyanyi Indonesia raya, ini sikap nilai apa?" tutur Afif.

"Belum lagi soal pemusnahan Wayang, ini fatal, bagaimana adat budaya luhur moyang kita yg menjadi alat pemersatu, menjadi wasila bagi masuknya Islam bahkan, ingin dibumi hanguskan," lanjutnya pada cuitan hari Sabtu, 11 Maret 2023.

Alasan-alasan demikian menjadi sebab kemarahan Afif Fuad terhadap izin ceramah yang diberikan kepada Ustaz Khalid Basalamah di masjid pemerintah provinsi Jawa Barat. Ia menegaskan bahwa nilai kebangsaan harus menjadi dasar setiap penceramah agama. Sehingga, keresahan dan perpecahan dalam masyarakat bisa dihindari.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x