Harun Masiku Tak Bisa Tidur Nyenyak Informasi dari KPK Calon Legislatif PDIP Diketahui Diluar Negeri

- 6 Januari 2023, 15:59 WIB
Kolase Harun Masiku (kiri) dan Ketua KPK Firli Bahuri (kanan).
Kolase Harun Masiku (kiri) dan Ketua KPK Firli Bahuri (kanan). /Situs KPK dan Antara/

EDITORNEWS.ID - Tak ada kata menyerah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklaim pihaknya masih terus memburu calon anggota legislatif (caleg) PDIP Harun Masiku.

Pernyataan KPK menyatakan tak lelah mencari tahu keberadaan buron kasus dugaan suap pergantian anggota DPR periode 2019-2024, tersebut.

KPK juga menyampaikan kabar terkini soal keberadaan mantan calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan Harun Masiku. Menurut Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu, Harun Masiku berada di luar negeri.

Sebagai informasi sebelumnya KPK mengatakan "Ya terus kami cari, semua DPO KPK terus kami cari. Sehingga sabar mengenai DPO pasti kami cari, kalau sudah ketemu tempatnya di mana, pasti kita tangkap," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (27/9).lalu.

Baca Juga: Gawat, Polri dan DPR Lembaga Paling Tidak Dipercaya Publik, Berikut Hasil Survei Charta!

Sebagai bocoran  Harun Masikun "Ada di luar negeri. Jadi, kami masih koordinasi dengan beberapa agensi dari luar neger," katanya, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis 5 Januari 2023.

Meski begitu, Asep tidak menjelaskan lebih lanjut negara mana Harun Masiku berada dan bersembunyi. Namun Asep memastikan informasi yang diterimanya valid dan dapat dipercaya.

"Informasi yang kami terima begitu," katanya menambahkan, dikutip dari media network pikiran-rakyat.com pada Jumat, 6 Januari 2023.

Dari kasus ini, mantan anggota KPU Wajyu Setiawan divonis 7 tahun penjara. Ia terbukti menerima uang sebesar Rp600 juta dari Harun Masiku. Tak hanya itu, kader PDI Perjuangan Agustiani Tio Fridelina juga ikut menerima uang itu. Akan tetapi ia hanya divonis 4 tahun penjara.

Uang tersebut diberikan Harun Masiku agar Wahyu Setiawan dapat mengupayakan KPU untuk menyetujui permohonan pergantian antar waktu anggota DPR dari Riezky Aprilia kepada Harun Masiku.

Baca Juga: Luhut Binsar Sebut OTT KPK Buat Citra Negeri Ini Jelek, Kita Mau Bersih-Bersih Amat di Surga Aja

Begitu juga sebelumnya pernah dikatakan Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, para tersangka yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) termasuk Harun Masiku tidak bisa tidur nyenyak karena masih terus dicari.

"Saya yakin sampai hari ini dia tidak bisa tidur nyenyak karena sampai kapan pun tetap dicari KPK. Hanya menunggu waktu dia pasti tertangkap,"Tandasnya.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x