Bisa Sukses Kuliah Sambil Kerja, Berikut Simak Tipsnya

- 31 Mei 2023, 13:50 WIB
Ilustrasi kuliah
Ilustrasi kuliah /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Kerja sambil kuliah bisa dilakukan oleh mahasiswa S1 atau S2. Hal ini biasanya dilakukan karena berbagai alasan, mulai dari ingin memiliki penghasilan untuk membayar uang kuliah, meningkatkan ilmu, atau memperluas jaringan pertemanan. Apa pun alasannya, kerja sambil kuliah merupakan hal yang positif untuk dilakukan.

Bagi beberapa orang, kerja sambil kuliah mungkin terlihat sulit dan melelahkan untuk dilakukan. Padahal faktanya kalau kamu tahu tips mengatur waktu dengan baik, kerja sambil kuliah bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan lho.

Selain itu, dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini kamu bisa selalu produktif saat bekerja dan kuliah.

1. Tentukan Skala Prioritas

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar bisa selalu produktif saat kerja sambil kuliah adalah dengan menyusun skala prioritas.

Baca Juga: 5 Hal Penting Perlunya Melanjutkan Pendidikan Pascasarjana, Berikut Perspektif Guru Besar Unpad

Misalnya dalam satu hari tentukan pekerjaan dan tugas kuliah yang sudah mendekati deadline terlebih dahulu. Setelah itu selesaikan pekerjaan dan tugas kuliah tersebut dengan sebaik mungkin.

Jika ternyata dalam satu hari kamu berhasil mengerjakan pekerjaan dan kuliah dalam waktu yang singkat, jangan paksakan diri mengerjakan tugas untuk hari esok. Sebaliknya gunakan waktu senggang tersebut untuk sekedar beristirahat.

Jangan ragu juga untuk menghentikan kebiasaan bekerja di hari libur ya, karena bagaimana pun juga tubuh dan pikiran butuh istirahat.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x