Beberapa Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Selain Melalui Jalur SNPB

- 29 Maret 2023, 17:47 WIB
Ilustrasi calon mahasiswa
Ilustrasi calon mahasiswa /editornews.id/

EDITORNEWS.ID -  Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023 sudah diumumkan pada 28 Maret 2023 lalu  mulai pukul 15.00 WIB.

Sejumlah peserta SNBP yang dinyatakan lulus pada seleksi jalur ini, tinggal melakukan registrasi ulang terhadap kampus. Namun untuk peserta yang dinyatakan gagal atau tidak lulus kini masih merasakan haru, sedih dan kecewa.

Namun, tak perlu khawatir, karean tim Editornews.id akan membagikan beberapa cara masuuk perguruan tinggi negeri selain melalui jalur SNBP:

  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasiional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Baca Juga: Himpunan Mahasiswa Cicurug akan Adakan Santunan dan Pengajian Untuk Ramaikan Bulan Ramadhan  

  1. Jalur Mandiri PTN 2023

Seleksi jalur mandiri PTN juga masuk dalam transformasi yang dilakukan Kemendikbud Ristek. Perombakan seleksi jalur mandiri PTN ini dianggap penting untuk mengubah anggapan publik bahwa jalur mandiri PTN hanya bagi calon mahasiswa dengan latar belakang finansial tinggi. Nadiem mengungkapkan, Kemendikbud Ristek menilai permasalah jalur mandiri karena adanya tingginya keragaman jenis mekanisme dan tatacara seleksi jalur ini sepenuhnya menjadi kewenangan PTN.

  1. Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN)

SNMPN atau Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri merupakan jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta atau siswa sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri yang ada di seluruh Indonesia.

  1. Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN)

SBMPN atau Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri merupakan jalur masuk Politeknik Negeri dengan cara tes tulis. Hal ini bertujuan untuk memilih calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Politeknik sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x