Kampus Harvard akan Menjadikan Bahasa Indonesia Sebagai Mata Kuliah Pilihan Mahasiswa

- 31 Maret 2023, 19:58 WIB
Kampus Harvard
Kampus Harvard /editornews.id/

EDITORNEWS.ID – Sejak 400 tahun Kampus Harvard berdiri, baru kali pertama mata kuliah bahasa Indonesia diajarkan di kampus tersebut.

Rencananya Kampus Harvard di Massachusetts, Amerika Serikat (AS) menawarkan mata kuliah bahasa Indonesia, mulai tahun ajaran akademik 2023-2024.

Dikutip dari sebuah koran kampus Harvard Crimson, mata kuliah bahasa Indonesia digelar untuk mengembangkan studi Asia Tenggara di Harvard.

“Kami sangat bersemangat dan berharap hal ini akan menjadi pengubah permainan dalam hal misi jangka panjang Pusat Asia dalam mengembangkan studi Asia Tenggara di Harvard, serta keterlibatan universitas dengan kawasan itu,” kata Direktur Eksekutif untuk Harvard Asia Center Elizabeth K Liao dalam sebuah pernyataan kepada Harvard Crimson, dikutip (31/3).

Baca Juga: Penembakan Siswa dan Guru di Nashville, Para Pengunjuk Rasa Menuntut Keadilan

Hingga saat ini, Harvard belum memiliki departemen Khusus untuk studi budaya Asia Tenggara sehingga masih di bawah naungan Departement of South Asian Studies.

Guna mendukung pelaksanaan mata kuliah bahasa-bahasa tersebut, Department of South Asian Studies Harvard University akan merekrut tiga pengajar untuk mengajarkan Bahasa Indonesia, Tagalog, dan Thai.

Selain Harvard di Amerika Serikat, beberapa kampus luar negeri seperti Hankuk University of Foreign Studies di Korea Selatan, University of Melbourne di Australia, dan University of Turku di Finlandia yang juga mengajarkan bahasa Indonesia.***

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: indonesia Kampus Merdeka 2023 Harvard Edu


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x